10++ Masjid di Korea Selatan, Nyaman dan Mudah Diakses

Ada berapa Masjid di Korea Selatan? Jika merujuk pada data masjid yang bisa Anda temukan di Google Maps, jumlahnya lebih dari 40 masjid.Sementara itu, Insamer menyebut angkanya hingga 60. 

Namun, sebagiannya hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, mungkin mirip mushola.Jadi, jangan dibayangkan bangunannya semuanya besar dan megah dengan menara menjulang.

Apalagi jika membandingkan luas daratan Korea Selatan yang mencapai lebih 100 ribu kilometer persegi, tentu jumlah 60 itu kecil. Kalau dihitung kasar, per 1.500 kilometer persegi hanya ada 1 masjid. 

Apa dan dimana saja Masjid yang ada di Korea Selatan? Berikut daftarnya!

Seoul Central Mosque

Masjid di Seoul

Ini bisa dikatakan masjid yang paling besar. Letaknya ada di Yongsan-gu, Seoul, Ibukota Korea Selatan. Arsitekturnya megah dan indah, apalagi, jika Anda datang ke masjid ini pada malam hari.

Selain menjadi tempat ibadah, lokasi di sekitar Masjid Pusat Seoul ini juga terdapat toko-toko produk serta makanan serba halal. Dengan demikian, Anda yang datang ke Korea Selatan dan kangen dengan kultur Islami, bisa datang kesini.

Alamat: 39 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, South Korea

Busan Mosque

Masjid di Busan

Di distrik Geumjeong-gu, tepatnya di Provinsi Busan, Anda bisa temukan tempat beribadah yang nyaman. Tepatnya, di Masjid Busan. Sama seperti yang ada di Seoul, masjid di Busan memiliki area yang luas dan memiliki berbagai fasilitas pendukung lain yang bisa Anda datangi.

Di komplek masjid, Anda akan menemukan tempat berdiskusi, tempat makan dengan jaminan kehalalan makanan, ada koperasi, bahkan ada juga sekolah setingkat SD di sini. Anda akan benar-benar temukan kultur Islami di tengah kultur Korea Selatan yang secara umum bukan Islam.

Alamat: 30-1 Namsan-dong, Geumjeong-gu, Busan, Korea Selatan

Ansan Masjid

Masjid di Gyeonggi

Lokasinya ada di provinsi Gyeonggi-Do. Tepatnya, di kota Ansan-si. Masjid ini bangunannya terbilang bagus dan megah. Aksesnya juga mudah karena dekat dengan jalur bus dan kereta bawah tanah.

Meskipun bangunannya mirip dengan rumah atau toko-toko sekitarnya, masjid ini memasang kubah kecil sebagai identitasnya. Jadi, tetap bisa menarik perhatian muslim yang sedang berada di Kota Ansan-Si untuk datang.

Alamat: 16-1 Wongok Gongwon-ro, Wongokbon-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do, South Korea

ICD (Islamic Center of Daejeon)

Masjid di Daejeon

Terletak di distrik Yuseong-gu, provinsi Daejeon, ICD juga relatif mudah untuk Anda temukan. Selain menawarkan kebersihan dan kenyamanan dalam beribadah, masjid ini ramah bagi para pendatang. Jadi, jangan ragu untuk mampir jika Anda sedang berada di Daejeon.

Anda yang mencari makanan halal juga bisa datang ke sini. Di lingkungan masjid, ada toko makanan yang terjamin kehalalannya. Sayangnya, tempat parkirnya terbatas dan sempit. 

Alamat: 193 Yuseong-gu, si, Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon, South Korea

Faizan E-Madina Incheon Masjid

Faizan El Madina Masjid

Masjid di Provinsi Incheon yang lumayan besar namanya Faizan E-Madina. Lokasinya, ada di distrik Bupyeong-gu. Tempat ini nyaman untuk beribadah, termasuk jika Anda ingin shalat Jumat.

Selain jadi tempat ibadah, Faizan E-Madina juga menjadi pusat dakwah Islam di Incheon. Anda bisa mengikuti kajian-kajian keagamaan yang diselenggarakan oleh pengurus masjidnya.

Alamat: 574-19 Sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon, Korea Selatan

Masjid Jeonju (Masjid Abu Bakar Seddiq)

Masjid Jeonju

Jika Anda berkunjung ke kota Jeonju, mampirlah ke masjid ini. Lokasinya asri dan nyaman sebagai tempat beribadah. Anda juga bisa sambil berwisata di kota ini, karena memang sering dijadikan destinasi wisata oleh para pelancong.

Di Masjid ini, Anda juga bisa menemukan makanan halal dan bertemu dengan muslim dari berbagai negeri. Tentu saja, menyenangkan jika kita mengikat persaudaraan dengan sesama.

Alamat: 1567-10 Inhu 2(i)-dong, Deokjin-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do, South Korea

Masjid Al Huda Gumi

Masjid Al Huda Gumi

Ini adalah masjid satu-satunya di Kota Gumi. Muslim Indonesia yang tinggal di sekitar Gumi hampir dipastikan akrab dengan masjid ini. Soalnya, di lingkungan masjid ada juga toko yang menjual makanan muslim, termasuk dari Indonesia.

Selain menawarkan kebersihan dan kenyamanan, Anda juga bisa belajar dengan mengikuti kajian-kajian yang diselenggarakan pengurus masjid. Bahkan 2016, lalu, masjid ini pernah mengadakan kajian yang dihadiri hingga 700 WNI.

Alamat:13 Gumi Jungang-ro 31-gil, Wonpyeong 1 (il) -dong, Gumi-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan

Rahman Jeju Masjid

Masjid Jeju

Terletak di area perumahan apartemen, masjid ini menjadi tempat berkumpulnya komunitas muslim yang ada di Jeju. Meski lokasinya tak jauh dari Rumah Sakit Universitas Jeju, namun tak sedikit yang mengeluh kesulitan untuk menemukannya.

Namun beruntunglah jika Anda berhasil menemukannya. Di sini, Anda bisa beribadah dengan nyaman. Jika datang bersama keluarga, Masjid di Jeju ini memiliki fasilitas arena bermain anak yang bikin buah hati Anda betah.

Alamat: South Korea, Jeju-do, Jeju-si, Ara-dong, 1745-1

Masjid Gyeonggi Paju

Masjid Gyeonggi

Anda yang berada di distrik Paju, Provinsi Gyeonggi, bisa mampir ke masjid ini. Bangunannya cukup mencolok dan menunjukan masjid. Jadi, tak begitu sulit untuk menemukannya.

Masjid ini kebanyakan didatangi oleh para pendatang dari Pakistan dan Bangladesh. Namun, meskipun Anda datang dari Indonesia, Anda tak perlu khawatir datang kesini. Bukankah setiap muslim itu bersaudara ya?

Alamat: 421-9, Yeong Tae-ri, Wonreung-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do

Islam Changwon Masjid (Sayyidina Bilal)

Masjid di Changwon

Gyeongsangnam-do adalah salah satu provinsi di Korea Selatan. Jika Anda sedang berada disini, datanglah ke Islam Changwon Masjid. Anda tak perlu merasa jadi orang asing disini, karena mayoritas jamaahnya adalah Warga Negara Indonesia. Anda akan melihat ini terutama ketika sholat Jumat.

Sambil beribadah, Anda juga bisa sekalian berbelanja. Ada produk dan makanan halal yang bisa Anda beli. Termasuk, makanan-makanan khas Indonesia yang pastinya tak asing dengan lidah Anda.

Alamat: 31-15 Jungang-dong, Seongsan-gu, Gyeongsangnam-do, Korea Selatan

Incheon Islamic Center

Incheon Islamic Center

Berada di Incheon, jangan lupa datang ke Incheon Islamic Center untuk bertemu dan berkumpul dengan saudara-saudara semuslim dari berbagai negeri. Meskipun ada beberapa tempat ibadah lain di Incheon, namun inilah yang paling besar.

Anda akan menemukan masjid yang rapi dan bersih disini. Insya Allah, nyaman untuk beribadah. Banyak orang-orang dari bangsa Arab yang menjadikan tempat ini sebagai pusat ibadahnya.

Alamat: Dowha-dong 639-5, Nam-gu, Incheon, South Korea

Masjid Al Mujahidin Incheon

Masjid NU Korea Selatan

Tak jauh dari Bandara Incheon, terdapat Masjid bernama Al Mujahidin. Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini juga menjadi markas kegiatan organisasi muslim Indonesia yakni Nahdlatul Ulama. Berbagai program NU dijalankan di masjid ini.

Jadi, selain beribadah dengan nyaman, Anda bisa saja mempertimbangkan untuk turut serta dalam kegiatan organisasi ini jika merasa cocok dengan programnya.

Alamat: Nonhyeon 2 (i) -dong, Namdong-gu, Incheon, Korea Selatan

Apakah masih ada masjid yang terlewat?

Pasti. Sebagaimana kami sebutkan di awal, jumlah masjid di Korea Selatan ada puluhan dan tersebar di penjuru daerahnya. Jika Anda punya referensi lain, beri tahu kami lewat komentar ya! Kalau Anda mau ikut mengulas juga boleh banget! 

Kami menerima tulisan dan foto-foto dari Anda dengan senang hati!

Tinggalkan komentar