7 Masjid di Tokyo Jepang, Ada yang Didirikan Indonesia!

Jika Anda berkesempatan datang ke Tokyo, jangan sampai tinggalkan sholat. Sesibuk apapun Anda, sempatkan datang ke masjid di Tokyo, Jepang, yang berdiri di tengah sibuknya kota.

Anda tak perlu bingung, karena ada beberapa pilihan masjid yang tersebar di beberapa sudut Kota Tokyo. Bahkan, diantaranya ada masjid Indonesia Tokyo yang akan mengingatkan Anda dengan kultur Islami di tanah air.

Apa saja nama masjid di ibukota Jepang ini? Berikut ulasannya!

Masjid Camii

Masjid Camii

Masjid Camii merupakan masjid paling besar di Jepang dan memiliki sejarah cukup panjang. Sejak 1938, bangunannya sudah berdiri di Tokyo. Istilah camii ini merupakan istilah Turki yang merupakan derivat dari bahasa Arab (jami).

Meski sudah lama didirikan oleh Imigran dari Rusia, namun masjid ini sempat dirobohkan pada tahun 1986 karena kerusakan parah. Pada tahun 1998, pembangunan dilakukan lagi dengan prakarsa pemerintah Turki. Makanya, arsitekturnya sangat khas Turki (Ottoman).

  • Alamat: 1-19 yamach, Kota Shibuya, Tokyo 151-0065, Jepang
  • Jam buka: Pukul 10.00- 18.00

Masjid Indonesia Tokyo (Masjid Meguro)

Masjid Indonesia Tokyo
Banyak jamaah berwajah Indonesia ya?

Setiap hari Jumat, WNI yang tinggal di seantero Tokyo akan berusaha datang ke masjid ini. Di sini, semua bisa berkumpul dan saling menguatkan sesama imigran tanah air. Wajar, karena masjid ini memang secara khusus didirikan oleh WNI yang tinggal di Ibukota Jepang ini.

Berdiri sejak 2015, masjid ini memiliki 4 lantai dengan fasilitas lengkap yang menunjang para pengunjung. Pengelolaannya ada di bawah Keluarga Masyarakat Islam Jepang dan mendapat dukungan dari KBRI setempat. Makanya, salah satu masjid di Tokyo Jepang ini sangat makmur.

  • Alamat : 4 Chome-6-6 Meguro, Kota Meguro, Tokyo 153-0063, Jepang
  • Jam Buka: 24 jam

Masjid Asakusa (Darul Arqam) Tokyo

Majid di Taito Jepang

Terletak di pusat Tokyo, masjid ini juga tak kalah ramai kaum Muslimin kunjungi. Terutama, para pendatang yang sebagiannya adalah masyarakat Indonesia. Berdiri sejak 1998, masjid ini ada di bawah pengelolaan JMF (Japan Mosque Foundation).

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Asakusa juga memfungsikan diri sebagai Islamic Center. Jadi, selain sholat, Anda juga bisa membaca di perpustakaan, mengikuti kajian, menyelenggarakan akad nikah, hingga membantu pengurusan jenazah. Selain itu, kadang-kadang juga jadi tempat syahadat para muallaf.

  • Alamat: 1 Chome-9-12 Higashi Asakusa, Kota Taito, Tokyo 111-0025, Jepang
  • Jam Buka: Pkl.04.00 – 22.00

Masjid Otsuka

Masjid di Otsuka Jepang

Hanya menempuh waktu 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Otsuka, Anda bisa datang ke Masjid Otsuka. Masjid ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas kaum Muslimin. Anda juga bisa mengikuti Shalat Jumat disini.

Selain sebagai lokasi untuk beribadah, Anda juga bisa menyelenggarakan pernikahan di sini. Sama seperti masjid lainnya, Anda bisa mengajak orang yang Anda dakwahi untuk bersyahadat dengan disaksikan banyak orang di Masjid Otsuka.

  • Alamat: 3 Chome-42-7 Minamiotsuka, Kota Toshima, Tokyo 170-0005, Jepang
  • Jam buka: –

Makki Masjid

Masjid di Katshushika Jepang

Masjid besar dengan bangunan setinggi 3 lantai ini bisa Anda kunjungi jika sedang berada di sekitar Stasiun Ohanajaya. Lokasinya yang strategis tepat berada di pinggir jalan serta besarnya bangunan membuat Anda tak akan kesulitan untuk menemukannya.

Selain menjadi tempat sholat, Masjid Makki merupakan pusat dakwah Islam di lingkungan Katsushika. Jika malam minggu, Anda bisa datang untuk makan malam bersama saudara semuslim yang berlatar belakang negeri berbeda.

  • Alamat: 5 Chome-22-14 Yotsugi, Kota Katsushika, Tokyo 124-0011, Jepang
  • Jam buka:

Masjid Nusantara

Masjid Nusantara Tokyo

Satu lagi masjid orang Indonesia adalah Masjid Nusantara. Letaknya ada di Akihabara, yang merupakan surga penggila fanatik anime dan komik-komik Jepang. Siapa yang menyangka jika disini justru ada masjid yang jamaahnya mayoritas penduduk Indonesia?

Masjid ini memang tak berdiri di atas gedung milik sendiri, letaknya ada lantai 5 Gedung Yamaume. Pengelolanya merupakan warga Nahdlatul Ulama yang tinggal di Jepang. Jadi, aktivitas keagamaan khas warga NU yang mungkin sering Anda temui di Indonesia ada juga di sini.

  • Alamat: Jepang, 101-0041 Tokyo, Kota Chiyoda, Kanda Sudacho, 2-17 Gedung Yamaume lantai 5
  • Jam buka: Pukul 10.00- 18.00

Masjid Assalam Okachimachi

Sesuai namanya, Masjid Assalam merupakan masjid yang berdiri berkat inisiasi Yayasan Muslim Assalam yang ada di Tokyo. Jadi, selain berfungsi sebagai rumah ibadah, ada komunitas juga yang bisa Anda ikuti. Namun, tentu saja ini terbuka untuk umum.

Masjid ini juga menyelenggarakan kajian bagi para jamaahnya, termasuk untuk anak-anak. Warga muslim dari berbagai penjuru dunia bisa hadir untuk menjalin ukhuwah dan menambah wawasan keislaman di masjid yang terletak di Taito ini.

  • Alamat: 3 Chome-10-9 Ueno, Kota Taito, Tokyo 110-0005, Jepang
  • Jam buka: –

Apakah masih ada masjid di Tokyo Jepang lainnya? Jelas ada. Kalau ada kesempatan, kami mungkin menambah list nya untuk Anda.

Kalau mau, Anda juga bisa memberikan komentar dan mengusulkan masjid yang belum kami ulas. Mudah-mudahan, bisa jadi amal jariyah!

Tinggalkan komentar