Masjid Agung As-Salam Lubuk Linggau: Profil, Arsitektur, dan Fasilitas

Selain objek wisata Bukit Sulap dan Air Terjun Temam, Kota Lubuk Linggau di Sumatera Selatan juga memilki icon wisata lainnya yang tak kalah indahnya untuk dikunjungi terutama bagi mereka yang beragama Islam yakni Masjid Agung As-Salam Lubuk Linggau. Masjidnya yang indah dan megah, akan menjadikan siapapun betah menghabiskan waktu disana.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Agung As-Salam Lubuk Linggau  
AlamatJl. Garuda, Ps. Permiri, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31613
Tahun Dibangun1998
Luas Tanah1.000 m2  
Luas Bangunan900 m2  
Daya Tampung Jamaah850 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Keunikan Arsitektur

Keunikan Masjid Agung As-Salam adalah arsiterkturnya yang berkonsep timur tengah. Ada pohon kurma juga kubah seperti Masjid Nabawi di Madinah.

Mengenai kubah masjid, dulunya direncanakan hanya 1 kubah. Namun pada perkembangannya masjid ini mengalami penambahan enam kubah pasca renovasi terakhir di tahun 2019.

Dengan sebanyak 7 buah kubah, masjid ini berangkat dari filosofi tujuh langit, tujuh masa, dan tujuh surga dalam ajaran islam.

Pada sebelah kanan masjid ada menara masjid yang dilengkapi dengan fasilitas lift kapsul. Jamaah dan wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan Kota Lubuk Linggau dari ketinggian menara dengan menggunakan lift yang dibuka untuk umum.

Menara masjid yang menjulang tinggi. Kredit Foto: Anom Suroto

Interior Menawan

Saat Anda memasuki area dalam masjid, Anda akan terkagum dan Takjub dengan design interior, perpaduan warna, kelembutan karpetnya maupun aksesoris yang menghiasi area masjid.

Kebersihan, kerapian dan juga keamanan Masjid pun sangat diperhatikan oleh pengelola. Di bagian kiri dan kanan mihrab terpasang kaligrafi Lafadz Allah dan Muhammad yang cukup besar.

Interior Masjid Lubuk Linggau
Interior di dalam masjid yang indah. Kredit Foto: Anom Suroto

Ornamen kaligrafi terpasang hampir disekeliling dinding. Lampu gantung di bagian tengah juga menambah keindahan interior masjid.

Masjid di Waktu Malam

Masjid Agung As-Salam, selain menjadi tempat ibadah, juga menjadi tempat yang tepat bagi keluarga menghabiskan waktu malam bersama.

Banyak pasangan yang membawa anak-anak untuk bermain di taman kurma, yang berada tepat dalam lingkungan masjid. Dulunya taman ini merupakan Lapangan Merdeka yang menjadi lokasi transaksi prostitusi.

Masjid Agung As-Salam yang didesain dengan perpaduan warna kuning dan biru juga menjadi background yang sangat instagramable.

Masjid pada malam hari penampakannya jadi lebih indah. Kredit Foto: Thomas Dupulde

Bukan hanya pendatang yang berpose untuk mendapatkan foto terbaik, warga lokal pun tak kalah ingin mendapatkan spot foto tercantik dengan latar Masjid Agung As-Salam.

Tak hanya menjadi lokasi bermain anak-anak dan keluarga. Di sekeliling lingkungan masjid banyak pedagang makanan yang menjadikan lokasi ini pusat kuliner malam.

Banyak pula pedagang mainan yang mencoba peruntungan rezekinya. Ramainya anak-anak seolah menjadi ladang bagi dagangan mereka yang tak pernah sepi pembeli. Usai membeli mainan yang harganya juga tak menguras kantong orang tua. Anak-anak akan mulai memainkan mainannya sambil berlarian di pelataran masjid, tanpa harus takut dimarahi.

Ingin mencoba?

Fasilitas

Sebagai masjid kebanggan masyarakat Lubuk Linggau, masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Diantaranya,

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Perlengkapan Pengurusan Jenazah
  • Aula Serba Guna
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir

So, jangan sampai Anda pergi ke Lubuk Linggau tanpa singgah di masjid ini terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar