Masjid Agung Demak: Sejarah, Arsitektur, Fasilitas

Masjid Agung Demak ini terletak di daerah Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Dengan berwujud bangunan yang megah dan mempunyai kesan yang sangat anggun dapat Anda jadikan sebagai tempat kunjungan ketika berlibur ke Kabupaten Demak.

Profil Masjid Agung Demak

Nama MasjidMasjid Agung Demak
AlamatJl. Raya Sultan Fatah No.57, Kampung Kauman, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tahun Dibangun1401
Luas Tanah12.752,74 m2
Luas Bangunan537,5 m2
Daya Tampung Jamaah1.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua yang menjadi peninggalan dari Raden Patah. Karenanya, membangun masjid ini, Raden Patah yang berasal dari kerajaan Demak ini dibantu oleh Walisongo.

Berdasarkan sejarahnya tempat ini dahulunya merupakan tempat singgah untuk walisongo dalam menyebarkan agama Islam. Raden Patah membangun masjid ini dengan memberikan gambar berupa hewan bulus yang merupakan candra sengkala memet.  Makna dari simbol tersebut yaitu Sirna Ilang Kertaning Bumi.

Berdasarkan filosofi yang ada, symbol bulus menjadi gambaran tahun pembangunan pada masjid ini yaitu pada tahun 1401. Hewan bulus yang terdiri 1 kepala, 4 makna dari jumlah kaki hewan bulus, 0 yang bermakna bentuk tubuh yang bulat, dan 1 makna dari jumlah ekor. Karena filosofi inilah, nilai historis masjid tersebut semakin tinggi.

Hal ini yang menjadikan hewan bulus menjadi simbol dari masjid agung ini. Simbol ini terbukti dengan banyaknya berbagai ornamen gambar bulus yang melengkapi pada dinding-dinding masjid

Arsitektur Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak Malam Hari
Penampakan Masjid Agung Demak pada malam hari yang sangat indah dan anggun. Kredit Foto: Huda Virgo (google.com)

Masjid Agung Demak mempunyai bentuk arsitektur yang dalam setiap sudutnya mempunyai makna tersendiri. Bangunan masjid ini berbentuk bangunan yang sangat mewah, terlihat sangat anggun dan berkarismatik.

Keelokan dan Ketenangan

Bentuk masjid yang terlihat dari luar memberikan kesan yang sederhana. Namun, ketika Anda sudah mulai memasuki area masjid ini kesan megah dan kharismatik dari masjid ini bisa Anda nikmati saat mengunjunginya.

Anda dapat menikmati ketenangan saat melakukan ibadah pada masjid ini. Dengan dilengkapi taman yang berada di bagian depan area masjid memberikan rasa sejuk saat Anda mengunjungi masjid ini.

Interior

Interior Masjid Agung Demak
Interior masjid yang disokong dengan tiang atau pilar kokoh. Kredit Foto: ArtBiz 360 (google.com)

Masjid Agung bersejarah inimempunyai bentuk interior pada bangunan yang mempunyai makna tersendiri. Seperti halnya bentuk dari atap masjid ini membentuk limas yang membentuk tiga susunan. Susunan ini mempunyai makna dari akidah Islam yang ada yaitu Iman, Islam dan Ihsan.

Selain itu, tiang yang ada pada masjid ini berjumlahkan empat pilar yang disebut dengan Saka Tata atau Saka Guru. Tiang ini dulunya dibuat langsung oleh walisongo sendiri. Pintu pada masjid ini dikenal dengan sebutan Pintu Bledug.

Hal tersebut dikarenakan anggapan bahwa pintu ini dapat menahan sambaran petir. Pada bagian atas masjid ditopang dengan delapan buah tiang yang disebut dengan Saka Majapahit, dan karena Majapahit ada kaitannya dengan sejarah Demak, maka hal ini sangat penting terhadap budaya secara umum. Terutama dari segi filosofisnya.

Kegiatan

Masjid Agung Demak ini pada dasarnya merupakan tempat beribadah umat Islam. Namun, setiap hari terdapat berbagai kegiatan yang terselenggara pada masjid ini. Kegiatan tersebut yaitu dengan menyelenggarakan pengajian secara rutin, ikut serta dalam menyelenggarakan hari besar umat Islam. Selain itu juga sering ada beberapa acara yang berhubungan dengan dakwah-dakwah Islam.

Lokasi Pernikahan

Karena sejarahnya, Masjid Agung Demak ini sangat mempunyai arti bagi umat Islam. Maka tidak jarang seseorang ingin menjadikan tempat ini sebagai pelengkap pada acara yang paling istimewa di kehidupannya. Dengan bentuk arsitektur yang megah ini menjadikan salah satu nilai tambah untuk melengkapi acara tersebut. Berdasarkan fakta di atas, apakah masjid ini sudah menjadi salah satu pilihan Anda untuk melakukan prosesi ijab qabul?

Fasilitas

Karena memiliki nilai historis tinggi, sering terdapat berbagai acara-acara yang diselenggarakan pada masjid ini, memberikan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh umum.

  • Kamar mandi/WC
  • Penyejuk Udara/AC
  • Gudang
  • Parkiran yang luas
  • Tempat Wudhu
  • Sound System dan multimedia
  • Tempat Penitipan sepatu/sandal
  • Taman

Dengan penjelasan tersebut, Apakah Anda Tertarik untuk mengunjunginya? Masjid ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi ketika sedang berwisata ke Kabupaten Demak.

Tinggalkan komentar