Masjid Agung Medan: Sejarah, Arsitektur, Fasilitas

Masjid Agung Medan ini sangat populer di Indonesia. Masjid ini menjadi salah satu bangunan dengan interior dan eksterior yang sangat megah. Terlebih dengan bentuknya yang membentuk segi delapan dengan beberapa sayap pada bagian barat, selatan, utara, dan bagian timur. Hal ini menjadikan masjid ini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi.

Profil Masjid Agung Medan

Nama MasjidMasjid Agung Medan
AlamatJl. Sisingamangaraja No.61 Kota medan, Sumatera Utara
Tahun Dibangun1906
Luas Tanah13.200 m2
Luas Bangunan5.000 m2
Daya Tampung Jamaah1.500 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Agung Medan

Masjid Raya Al Mashun Medan atau yang biasa disebut dengan Masjid Agung Medan ini, dibangun dengan sangat megah oleh Sultan Ma’mun. Bahkan masjid ini dibangun dengan melebihi kemegahan dari Istana Maimun. Karena Sultan Ma’mun mempunyai prinsip utama yang menjadikan kemegahan tempat beribadah lebih utama dibandingkan dengan kemegahan istana.

Meskipun masjid ini berusia sangat tua, namun sampai saat ini masjid tersebut masih tetap berdiri dengan sangat kokoh. Bahkan masjid ini menjadi sebagai ikon utama Kota Medan setelah Istana Maimun.

Berdirinya masjid ini juga menjadi salah satu bentuk bukti yang nyata masa kejayaan Kesultanan Deli. Kejayaan tersebut dengan menjadikan kebudayaan umat Islam dengan suku melayu menjadi perpaduan yang sangat pas.

Arsitektur Masjid Agung Medan

Masjid Agung Medan ini dirancang oleh seorang arsitektur ternama yang berasal dari Belanda. Aristek ini juga merupakan perancang dari kemewahan pada Istana Maimun. Bentuk bangunan ini berbentuk segi delapan dengan desain bangunan perpaduan antara Maroko, Eropa, Melayu dan juga Timur Tengah.

Bentuk denah unik ini menjadikan masjid ini berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Hal ini menjadikan keunikan tersendiri yang menjadi karakteristik pada masjid. Selain itu, pada setiap penjuru masing-masing diberikan beranda dengan atap yang tinggi yang berkubah berwarna hitam.

Pada masing-masing beranda ini terdapat pintu utama dan tangga penghubung antara pelataran dengan lantai suci utama yang lebih tinggi.

Keelokan dan Ketenangan

Dengan kemegahan dan keindahan suasana yang sangat menarik pada masjid ini memberikan kenyamanan yang dapat pengunjung rasakan ketika mengunjungi masjid ini. Tempat ini dapat memberikan kepuasan bagi setiap pengunjungnya, karena dengan suguhan tempat yang bersih, suasana yang indah dan ketenangan ketika setelah melakukan ibadah pada masjid ini.

Interior

Interior bagian mimbar dan tempat imam Masjid Agung Medan. Krediti Foto: Em Shal (google.com)

Nilai estetika pada desain interior masjid ini menambahkan kemegahan dan keunikan tersendiri. Dengan berbagai ornamen-ornamen yang menghiasi seluruh sisi pada bangunan ini. Ornament tersebut meliputi berbagai macam motif flora, fauna, bahkan motif kaligrafi.

Selain itu terdapat kesan klasik yang ada pada jendelanya. Pada jendela ini menggunakan kaca patri yang diimpor langsung dari luar negeri. Hal ini membuat kualitas kacanya menjadi sangat awet.

Kegiatan

Setiap harinya terdapat berbagai kegiatan yang ada pada masjid ini. Kegiatan tersebut seperti dengan mengadakan pengajian rutin, pelaksanaan shodaqoh, serta kegiatan syiar agama Islam yang lainnya.

Lokasi Pernikahan

Karena keindahan dan juga sebagai kebanggaan masyarakat medan akan bangunan megah ini. Tidak jarang jika masjid ini menjadi saksi pernikahan seseorang. Bahkan beberapa artis ibu kota pun juga melaksanakan prosesi ijab qobul di masjid ini.

Fasilitas

Ketika Anda mengunjungi Masjid Agung Medan ini, beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan yaitu.

  • Sarana tempat Ibadah
  • Kamar mandi/WC
  • Penyejuk udara/AC
  • Kantor secretariat
  • Tempat wudhu
  • Taman
  • Parkir

Itulah informasi mengenai kemegahan dari masjid yang ada di Medan ini. Anda dapat menjadikan tempat ini sebagai wahana wisata religi atau bahkan menjadikan masjid ini sebagai momen indah untuk acara yang akan Anda laksanakan.

Tinggalkan komentar