Masjid Agung Palembang: Sejarah, Arsitektur, Fasilitas

Nama asli dari Masjid Agung Palembang ini adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo wikramo. Masjid ini berada di Kota Palembang. Tepatnya pada Provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini sangat indah dan memiliki bangunan yang sangat megah. Sehingga sangat menyenangkan untuk datang ke masjid ini.

Profil Masjid Agung Palembang

Nama MasjidMasjid Agung Palembang
AlamatJl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan 30111
Tahun Dibangun1738 M atau (1151 H)
Luas Tanah1540 m2
Luas Bangunan1200 m2
Daya Tampung Jamaah 15000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang disebut juga Masjid SMB I Jayo WIkramo merupakan salah masjid tua. Rumah ibadah ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam. Karena sudah berdiri sejak tahun 1738 M dan resmi menjadi tempat ibadah pada tahun 1748 M, tempat ini menjadi sangat sakral di kalangan masyarakat Palembang.

Masjid ini berdiri dalam naungan Sultan Mahmud Baharuddin I, Jayo WIkramo. Pembangunan masjid ini berjalan kurang lebih 10 tahun. Pembangunannya dilaksanakan saat masa pemerintahan dipimpin oleh Sultan Mahmud Badarrudin I.

Awalnya masjid ini tidak mempunyai menara, kemudian pada 1753 M menara masjid dibangun. Bentuk dari masjid ini adalah membentuk bujursangkar.

Arsitektur Masjid Agung Palembang

Kemegahan arsitektur Masjid Agung Palembang semakin tampak saat malam hari. Kredit Foto: Erla Venny (googl.com)

Konsep bangunan masjid ini memadukan keunikan dari beragam ilmu arsitektur, antara lain Nusantara, Cina dan Eropa. Ciri khas arsitektur dari nusantara adalah pola struktur bangunan yang utama yaitu berundak tiga dengan puncak yang berbentuk limas.

Undakan tersebut memiliki puncak berbentuk bunga tropis dengan pola bunga yang merekah. Bentuk undakan ini banyak mendapat pengaruh dari bangunan candi pada masa Hindu-Budha. Menara asli dari masjid ini yang menyerap arsitektur budaya dari Cina.

Keelokan dan Ketenangan

Masjid ini terlihat sangat indah dengan bangunannya yang sangat megah. Selain itu, masjid ini sangat menyuguhkan keindahan arsitekturnya. Bangunannya yang diadaptasi dari banyak arsitektur sangatlah mengesankan.

Suasana yang dirasakan juga sangat tenang, sehingga jamaah dapat dengan khusyuk melakukan ibadah di tempat ini. Tidak sedikit jamaah yang beribadah juga mengagumi keindahan masjid ini.

Interior

Meskipun bernuansa tradisional, Masjid Agung Palembang tetap indah dan nyaman untuk jadi tempat beribadah. Kredit Foto: AMK Putra (gogle.com)

Desain interior dari masjid ini tidak jauh beda dengan masjid di Jawa. Selain itu, pada bagian dalam dalam masjid ini terdapat banyak pilar-pilar kayu dengan warna hijau dengan ukiran dibawahnya. Masjid ini tidak memiliki plafon melainkan langsung atap dengan warna coklat.

Keindahan yang hakiki memang terlihat dari banyaknya hiasan kaligrafi di dalam masjid ini. Selain itu, masjid ini dilengkapi dengan lampu yang sangat indah. Terdapat anak tangga pula untuk khatib naik ke atas mimbar. Seluruh lantai masjid dilapisi dengan karpet indah berwarna hijau.

Kegiatan

Kegiatan masjid ini tentunya adalah sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim. Masjid ini juga menjadi tempat untuk menyiarkan agama. Selain itu, pada lantai tiga masjid, terdapat banyak buku islami yang dapat dibaca oleh jamaah masjid.

Banyak sekali kegiatan lain seperti pengajian rutin, dan juga ceramah dan merayakan hari besar agama. Karena banyaknya pengajian terjadi, maka suasana rumah ibadah ini memang sangat sakral dan khidmat, hingga menarik para wisatawan.

Lokasi Pernikahan

Masjid ini memiliki bangunan yang sangat menakjubkan, tidak jarang masjid ini menjadi tempat untuk acara prewedding. Masjid ini juga sangat banyak menjadi tempat untuk melakukan pernikahan. Masyarakat sekitar bahkan banyak artis yang melakukan ijab kabul di masjid ini.

Keindahan bangunannya dan suasana yang nyaman adalah alasan utamanya melakukan pernikahan pada bagian dalam bagungan ini. Kenyamanan tempat ini juga banyak menjapakah Anda sudah menjadikan masjid ini sebagai tempat melakukan ijab kabul?

Fasilitas

Karena bangunanya yang sangat besar, masjid ini memiliki banyak fasilitas. Fasilitas tersebut tentunya dapat jamaah gunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah fasilitas yang terdapat pada Masjid Agung Palembang :

  • Tempat wudhu
  • Kamar mandi
  • Parkiran
  • Perpustakaan
  • Tempat parkir
  • Gedung serbaguna
  • Taman
  • Kolam air mancur
  • Ruangan kantor sekretariat

Kenyamanan dan juga fasilitasnya membuat Masjid Agung Palembang ini merupakan opsi terbaik untuk wisata religi. Karenanya, banyak jamaah yang mengandalkan lokasi tersebut untuk melakukan acara sakral agama Islam ataupun sebagai kunjungan wisata.

Tinggalkan komentar