Masjid Agung Sunda Kelapa: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda sedang berada di Ibu Kota Indonesia? Kalau iya, maka Anda mesti mencoba shalat di Masjid Agung Sunda Kelapa. Bentuknya yang unik dan fasilitasnya yang lengkap, akan membuat Anda betah beribadah.

Berikut ulasannya untuk Anda!

Profil Masjid Agung Sunda Kelapa

Nama MasjidMasjid Agung Sunda Kelapa  
AlamatJl. Taman Sunda Kelapa No.16, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Tahun Diresmikan1970
Luas Tanah9.920 m2
Luas Bangunan
Daya Tampung Jamaah4.424 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa

Sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan masjid besar yang dibangun pertama kali di daerah Menteng dengan memadukan berbagai fungsi untuk masjid, seperti sebagai tempat ibadah, pendidikan, sosial, maupun perekonomian.

Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1960-an dengan gagasan yang berasal dari Ir. Gustaf Abbas, kemudian gagasan tersebut didukung oleh para Jenderal yang juga tinggal di daerah menteng dengan memberikan berbagai sumbangan dana untuk penyelesaian masjid ini. 

Pada saat itu, pembangunan yang sudah berjalan lebih dari 9 tahun tidak kunjung selesai karena terkendala berbagai masalah. Akhirnya, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, pada masa Gubernur Ali Sadikin (Alm) merasa harus membantu dalam penyelesaian pembangunan masjid ini. Akhirnya seluruh pembangunan masjid selesai pada tahun 1970 dan diresmikan oleh Ali Sadikin (Alm) pada tanggal 31 Maret 1971. 

Arsitektur Menarik: Anti Mainstream!

Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan rancangan Ir. Gustav Abbas. Arsitektur masjid ini menganut konsep yang fleksibel tanpa terpaut dengan simbol-simbol masjid pada umumnya, seperti kubah, menara, maupun simbol-simbol ornamen seperti bulan & bintang.

Halaman Masjid Agung Sunda Kelapa
Tidak ada penampakan kubah di Masjid Agung Sunda Kelapa

Bangunan masjidnya berbentuk seperti perahu yang menyimbolkan bahwa pelabuhan Sunda Kelapa dahulunya merupakan tempat terkenal untuk berdagang bagi saudagar muslim, sekaligus tempat penyebaran islam yang paling pesat pada masanya. Bentuk ini pun bisa difilosofikan sebagai seorang hampa yang pasrah mengharap kasih sayang dari Sang Maha Pencipta.

Saat akan memasuki area masjid, Anda akan disambut sebuah gapura berwarna hijau. Terdapat tulisan “Masjid Agung Sunda Kelapa” berwarna emas di bagian atas gapura. Sementara di sisi kiri dan kanannya terdapat ukiran kaligrafi Arab yang juga berwarna emas.

Setelah melewati gapura, Anda akan menginjakkan kaki di halaman masjid yang cukup luas. Pepohonan yang rimbun membuat pekarangan menjadi sejuk di tengah teriknya sinar matahari di siang bolong. Di pekarangan masjid ini juga terdapat sentra kuliner dengan berbagai macam menu hidangan.

Memasuki bangunan masjid, Anda akan disambut dengan sebuah ruangan besar yang semi terbuka. Bagi anda yang sedang tak beribadah bisa duduk-duduk dan bersantai di ruangan ini. Pintu dan jendela yang didesain lebar dan terbuka luas membuat angin sepoi-sepoi masuk ke ruangan, membuat udara menjadi sejuk.

Sama dengan tampilan luarnya, bagian dalam masjid ini juga sangat minim ornamen khas Timur Tengah. Hanya ada bingkai lafaz Allah dan Nabi Muhammad SAW yang mengapit mihrab. Sisanya, tak ada tulisan Arab atau pun ornamen khas Timur Tengah yang bisa ditemukan.

Bagian dalam ruangan itu didominasi keramik berwarna cokelat di bagian dinding maupun lantai. Sementara bagian plafonnya berwarna putih yang dihiasi sejumlah lampu gantung. Terdapat juga Rak-rak Alquran tertata rapi di sekeliling ruang ibadah itu.

Orang-orang beristirahat di Masjid ini.

Disamping kiri mihrab terdapat jam kayu yang sangat elegan, serta disamping kanan terdapat mimbar yang biasa digunakan sebagai tempat khatib sholat jum’at.

Sebagai sumber penerangan utama, masjid ini mengadopsi desain lampu gantung yang klasik, namun dengan cahaya bohlam lampu. Sedangkan lantai untuk tempat sholat dibalut dengan karpet berwarna merah dengan motif-motif yang selalu dijaga kebersihannya oleh pengurus masjid.

Fasilitas Super Lengkap

Sebagai masjid yang sering dijadikan rest area oleh para pengguna jalan, masjid ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berikut fasilitas Masjid Agung Sunda Kelapa:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Mobil Ambulance
  • Perlengkapan Pengurusan Jenazah
  • Aula Serba Guna
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Kedai Makanan
  • Pelayanan Kesehatan
  • Layar Lebar

Bagaimana, anda tertarik beribadah di Masjid Agung Sunda Kelapa yang terletak di kawasan elit Jakarta ini?

Tinggalkan komentar