Masjid Agung Surakarta: Sejarah, Arsitektur, Fasilitas

Masjid Agung Surakarta merupakan salah satu masjid dengan cici khas menarik yang ada di sebelah barat Alun-Alun Utara Keraton Surakarta. Masjid ini termasuk bagian dari Keraton Kasunan Surakarta. Jika Anda sedang berada di Kota Surakarta masjid ini dapat Anda jadikan sebagai situs sejarah yang dapat Anda kunjungi.

Profil Masjid Agung Surakarta

Nama MasjidMasjid Agung Surakarta
AlamatJl. Masjid Besar 1, Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Tahun Dibangun1763
Luas Tanah19.180 m2
Luas Bangunan15.000 m2
Daya Tampung Jamaah1.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Agung Surakarta

Dahulunya masjid ini bernama Masjid Ageng Keraton yang dibangun oleh Pakubuwono III. Pada saat itu Pakubuwono menjadi sebagai salah satu penyebar agama Islam. Sejarah dari masjid ini diawali dengan adanya pemindahan Keraton Kartasura Ke Kota Surakarta oleh Raja Pakubuwana II. Perpindahan ini dikarenakan imbas yang diakibatkan dari adanya peristiwa Geger Pacinan.

Masjid Agung Surakarta Zaman Dulu
Potret Masjid Agung Surakarta tempo dulu yang didirikan Pakubuwana III. Sumber: masjidagungsolo.com

Pada saat Raja Paku Buwana II memerintah, masjid ini hanya dibangun dengan berlandaskan kayu yang dibawa dari Keraton Kertasura. Kemudian, pembangunan masjid ini diteruskan oleh raja-raja yang memerintah selanjutnya. Pada saat itu, Raja pakubuwono III membangun masjid ini pada bagian dalam dengan menggunakan batu-batu yang berasal dari sungai.

Dalam pembangunan masjid ini raja-raja kasunan Surakarta memberikan peran yang Andil dalam pergerakan pembangunan masjid ini.

Arsitektur Masjid Agung Surakarta

Susunan atap masjidnya yang khas, mirip dengan Masjid Agung Demak. Krediti Foto: Jaka Nur Sukma (google.com)

Masjid Agung Surakarta ini merupakan salah satu bangunan dengan arsitektur Jawa kuno. Pada bagian atap masjid ini membentuk susunan yang sama seperti Masjid Agung Demak, dengan membentuk tiga susunan. Susunan tersebut sangat erat kaitannya dengan kesempurnaan umat Islam.

Pada saat pemerintahan Raja Pakubuwono X, penambahan menara dengan gapura yang berbentuk kubah mulai menjalani pembangunannya. Hal ini bertujuan agar masjid ini dapat semakin terlihat dari kejauhan, karena menara ini juga sudah sangat tinggi, yaitu dengan ukuran 33 meter.

Keelokan dan Ketenangan

Masjid ini mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan berbagai desain interior dan eksterior yang melengkapi masjid ini menjadikannya terlihat sangat menarik untuk dikunjungi sebagai situs sejarah.

Selain itu, masjid ini juga mempunyai desain kolam air yang dapat menambah kesejukan saat mengunjungi masjid ini.

Interior

Desain bangunan masjid ini memiliki interior dengan berbasis kayu jati yang sangat berkualitas. Pada bagian dinding ruangan utama juga menggunakan kayu dengan berbagai prasasti yang bertuliskan Jawa Kuno.

Pada bangunan utama masjid ini mendapat topangan kokoh dari empat sokoguru (tiang utama) dengan 12 saka rawa (tiang tambahan). Bangunan masjid ini jika dilihat sekilas mirip dengan bangunan rumah joglo.

Selain itu, pada bagian area masjid ini terdapat semacam Lorong cantik yang menjorok ke depan. Pada bagian timur bangunan ini terdapat satu buah pintu utama yang sangat besar dengan ditemani dua pintu kecil pada bagian sisi kanan dan kiri. Tempat ini dapat Anda gunakan untuk beristirahat sejenak dengan menikmati suasana Kota Surakarta.

Kegiatan

Selain digunakan untuk melaksanakan ibadah lima waktu. Masjid ini juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk untuk menyelenggrakan kegiatan pendidikan agama Islam seperti, TPA, Madrasah dan yang sejenis dengan kegiatan belajar keagamaan untuk masyarakat. Selain itu masjid ini juga menjadi sarana bimbingan manasik Haji masyarakat setempat.

Lokasi Pernikahan

Karena memiliki desain istimewa, maka masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan keagamaan dan sebagai situs sejarah saja. Masjid Agung ini juga dapat Anda gunakan untuk melengkapi kegiatan ijab qobul yang akan Anda laksanakan.

Fasilitas

Pada Masjid Agung Surakarta ini menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung berbagai kegiatan yang para jamaah lakukan pada masjid ini, sehingga semakin banyak orang memanfaatkan rumah ibadah tersebut. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Kamar mandi/WC
  • Sound system dan multimedia
  • Kantor secretariat
  • Poliklinik
  • Perlengkapan pengurusan jenazah
  • Taman
  • Akses internet
  • Tempat Wudhu
  • Pembangkit listrik/Genset
  • Penyejuk udara/AC
  • Perpustakaan
  • Aula serba guna
  • Parkir
  • Gudang
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)

Berbagai fasilitas dan keunikan pada masjid Agung Surakarta, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya. Karena itulah, Anda dapat menjadikannya tempat ini sebagai pilihan Anda untuk berkunjung wisata sekaligus menambah pengetahuan mengenai sejarah masjid ini.

Tinggalkan komentar