Masjid Al Akbar Surabaya: Profil, Sejarah, Lokasi, dan Fasilitas

Berdiri di ibukota Jawa Timur, Masjid ini merupakan salah satu landmark dari Kota Surabaya. Masjid yang kami maksud ialah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Berkat kemegahan dan kemewahannya, wajar rasanya bila Anda ingin mengenal lebih jauh tentang masjid ini.

Profil Masjid Al AKbar Surabaya

Nama MasjidMasjid Nasional Al-Akbar
AlamatJl. Mesjid Agung Timur. No.1, Kel. Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60274
Tahun berdiri2000
Luas Tanah28.509 m2
Luas Bangunan11.200 m2
Daya Tampung59.000 jamaah
Lokasi
Jam buka24 jam

Sejarah Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya (MAS) dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI kala itu yakni Try Sutrisno.

Namun karena krisis moneter yang melanda negeri, pembangunannya terhenti sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2000. Pada 10 November 2000, Masjid ini secara resmi diresmikan oleh Presiden RI kala itu yakni KH. Abdurrahman Wahid.

Lokasi Masjid

Masjid Nasional Al Akbar ini berlokasi di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Ciri yang mudah Anda lihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.

Penampakannya yang mencolok pasti akan membuat Anda mudah menemukannya.

Kemegahan dan Kenyamanan

Kemegahan Masjid Al Akbar Surabaya dapat terlihat dari kubah yang menaungi masjid. Kubahnya berwarna perpaduan biru dan hijau dengan tinggi sekitar 27 meter. Di dalamnya terdapat ornamen yang cantik. 45 pintu kayu jati dan hiasan kaca nampak menghiasi di sudut-sudut masjid cantik ini.

Saat menginjakkan kaki di masjid ini, hawa sejuk akan langsung menyelimuti. Lantai marmer yang berasal dari Lampung terasa dingin menyejukkan. Masjid ini memberikan kesan damai dan tenang bagi para jemaah.

Ornamen ukir dan kaligrafi menghiasi dinding-dinding masjid. Di tengah masjid terdapat mihrab bernuansa emas. Ukiran kaligrafi bernuansa emas dan hitam tampak bercahaya menambah keistimewaan masjid. Elok dan megah, Mihrab masjid di Al Akbar ini merupakan mihrab terbesar di Indonesia.

Pada ornamen atas terukir indah kaligrafi Al-Qur’an sepanjang 180 meter dengan lebar 1 meter. Semua titik diberi warna yang serasi, dengan dominasi warna cerah. Hasilnya, dari segala sudut, Masjid Al-Akbar Surabaya nampak anggun, tenang dan nyaman.

Fasilitas Super Lengkap

salah satu sudut Masjid Al-Akbar

Sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal, masjid ini tentu memiliki segudang fasilitas di dalamnya. Selain memiliki fasilitas mainstream layaknya masjid pada umumnya, masjid ini juga memiliki beragam fasilitas yang dapat digunakan oleh para jamaah.

Antara lain, masjid ini memiliki fasilitas kesehatan seperti poli umum, poli gigi dan terapi bekam bagi para jemaahnya. Selain itu di masjid ini pun terdapat lembaga pendidikan islam setingkat PAUD, MI dan Madrasah Aly.

Tak hanya itu, masjid ini pun rutin mengadakan kajian-kajian keislaman yang dapat dihadiri oleh semua kalangan. Hal ini menjadikan Masjid Al Akbar tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi warga Surabaya.

Di sekitar masjid pun terdapat banyak sekali stand makanan dan minuman, sehingga anda tidak perlu khawatir kesusahan mencari pengisi perut anda. Tak hanya itu, terdapat juga fasilitas perpustakaan, karenanya tentu hal ini sangat cocok bagi jamaah yang gemar membaca buku.

Kemudian, satu fasilitas lain yang ada di Masjid Al-Akbar ialah menara tinggi sekitar 99 meter. Menara ini bukan hanya sebagai alat pengeras suara saja. Namun juga menjadi sarana menikmati pemandangan kota Surabaya. Dari ketinggian, anda bisa melihat pesona berbagai sudut di Kota Pahlawan.

So, bagi anda traveler yang sedang melancong ke Surabaya, tak ada salahnya anda menjadikan masjid ini masuk di dalam list perjalanan wisata anda.

Tinggalkan komentar