Masjid Al Furqon Bandar Lampung: Profil, Sejarah, dan Fasilitas

Melintas di Kota Bandar Lampung, belum lengkap rasanya bagi wisatawan lokal maupun luar Bandar Lampung sebelumn mengunjungi salah satu ikon Bandar Lampung yakni Masjid Al Furqon. Masjidnya yang berdiri megah dan anggun akan membuat anda betah beribadah.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Al Furqon Bandar Lampung  
AlamatJl. Diponegoro, Gulak Galik, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35212
Tahun Didirikan1958
Luas Tanah60.850 m2  
Luas Bangunan7.000 m2  
Daya Tampung Jamaah2.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Al Furqon Bandar Lampung

Masjid Al Furqon merupakan salah satu masjid terbesar di Provinsi Lampung. Pembangunan Masjid ini digagas langsung oleh Presiden Soekarno pada tahun 1951. Pada tahun itu Soekarno membeli lahan untuk masjid yang tepat di jantung Kota Bandar Lampung dari Warga setempat, Soekarno kemudian mewakafkan lahan tersebut untuk masjid.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1961, di lahan tersebut diletakan fondasi, batu bata, dan tahapan lainnya untuk pembangunan sebuah masjid dan menjadi awal pembangunan Masjid Agung Al-Furqon.

Kubah Limas

Lain dengan masjid-masjid lainnya yang kubahnya berbentuk lingkaran mengerucut, kubah Masjid Al Furqon ini berbentuk limas. Jika Anda melihat dari depan, Masjid Al Furqon ini nampak memiliki 3 buah kubah limas, satu di tengah bagian depan, dan dua lagi di sisi kanan dan sisi kiri.

Arsitektur

Penampakan Interior Masjid yang megah. Credit Foto: Ari Ben36

Secara umum, arsitektur masjid ini terkesan biasa saja seperti kebanyakan masjid pada umumnya. Namun, masjid ini tetap terkesan megah dan mewah.

Masjid yang didominasi warna putih dan hijau ini akan membuat Anda betah berlama-lama beribadah didalamnya.

Masjid Al Furqon ini terdiri atas 2 lantai dimana Lantai 1 masjid merupakan Gedung Serba Guna dan Lantai 2 merupakan ruangan tempat menggelar sholat berjamaah.

Di lantai 1 ini, sering sekali digunakan sebagai tempat untuk menggelar resepsi pernikahan, resepsi khitanan anak, maupun kegiatan ulang tahun. Ruangan ini mampu menampung sekitar 2.000 orang tamu undangan sehingga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang ingin menggelar resepsi pernikahan/khitanan.

Ketika Anda memasuki ruang utama masjid, Anda akan disambut dengan pintu berbahan kayu jati yang tentunya kokoh dan awet. Di pagar kiri dan kanan pintu masuk, juga tertulis dengan indah kaligrafi-kaligrafi yang menambah seni keislaman dari Masjid Al Furqon Bandar Lampung ini

Masuk ke dalam, Anda akan melihat untaian kaligrafi yang terdapat di bagian dinding atas. Dinding-dinding yang berkeramik, semakin menambah kesan elegan dari masjid ini.

Di bagian depan sebelah selatan, terdapat lukisan-lukisan wali songo yang menambah keelokan dan kemegahan.

Menara Al-Qur’an

Masjid berdua lantai ini juga memiliki sebuah menara yang sangat tinggi. Menara ini memiliki tinggi 114 M, yang melambangkan jumlah surat dalam kitab suci Al-Qur’an.

Eits, menara ini bukan hanya sebagai penghias masjid lho. Menara ini dibuat untuk pengunjung yang ingin melihat Kota Bandar Lampung dari ketinggian. Jangan khawatir, Anda tidak perlu capek menaiki tangga ketika ingin menaiki menara tersebut, sebab menara ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lift.

Pada ketinggian 100 meter dari menara tersebut, Anda dapat melihat seluruh pemandangan yang ada di Kota Bandar Lampung dengan ruangan yang dikelilingi oleh kaca. Dan pada malam hari, menara tersebut dilengkapi dengan lampu yang semakin menambah keindahanny

Menarik sekali kan?

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid yang terletak di pusat Ibukota Provinsi Lampung, masjid ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi masjid Al Furqon Bandar Lampung yang satu ini?

Tinggalkan komentar