Masjid Al Irsyad Bandung: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana bersiwata ke wilayah barat kota Bandung? Bila iya, tak ada salahnya anda memasukkan Masjid Al Irsyad Bandung ke dalam daftar list wisata anda. Bangunannya yang unik dan suasananya adem, Akan menjadikan anda betah beribadah di masjid tersebut.

Untuk menambah informasi mengenai masjid tersebut, berikut ulasannya.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Al Irsyad Bandung  
AlamatJl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553
Tahun Dibangun2009
Luas Tanah10.000 m2  
Luas Bangunan1.871 m2  
Daya Tampung Jamaah1.500 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan dimulai pembangunannya pada hari Senin, 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1430 H (Nuzulul Quran). Tak menunggu waktu lama, tepat setahun kemudian, masjid ini diresmikan pada bulan Agustus 2010.  

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Al-Irsyad Satya Islamic School (berafiliasi dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah of Singapore) sebuah sekolah Islam international yang ada di Kota Baru Parahyangan. 

Kemegahan Arsitektur Al Irsyad

Secara umum, Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak. Arsitek dari masjid yang unik dan megah ini adalah orang nomer satu di Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil.

Salah satu Keunikan dari masjid ini yang bisa lihat Adalah dinding masjid. Kisi-kisi dinding masjid ini dibuat dengan susunan bata bolong yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Teknik ini menjadikan tubuh bangunan layaknya sebuah seni kaligrafi tiga dimensi dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu, kisi-kisi tersebut berfungsi sebagai penerangan yang bersifat bolak-balik dan sangat artistik.

Siang hari, cahaya alami matahari akan menembus ke ruang dalam. Pada momen ini, cahaya tersebut terlihat seperti sebuah elemen digital yang membentuk dua kalimat syahadat.

Pada malam hari cahaya dari dalam masjid akan memancar keluar, membentuk kaligrafi syahadat yang berpendar.

Desain yang sangat unik dan menarik sekali bukan?

Masuk ke ruang utama masjid, sejauh mata memandang Anda akan melihat ruang kubus berkarpet merah hitam memanjang. Tidak terlihat detail ornamen layaknya masjid pada umumnya.

Suasana di dalam Masjid Al Irsyad

Masjid ini tidak memiliki tiang atau pilar di tengah untuk menopang atap, sehingga terasa begitu luas. Hanya empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atapnya.

Empat sisi dinding masjid tersebut memiliki celah-celah angin yang menjadikan sirkulasi udara di ruang masjid begitu baik, sehingga Anda tidak akan terasa gerah atau panas meski tak dipasangi AC atau kipas angin.

Di bagian atap terdapat 99 kotak persegi yang merupakan lampu penerang yang melambangkan Asmaul Husna. Uniknya, tepat di ujung setiap kotak terdapat guratan yang membentuk satu asma Allah.

Jika gelap mulai menyelimuti, sebuah keindahan pun terhampar. Anda akan menyaksikan Sembilan puluh sembilan kotak persegi itu memancarkan 99 nama Asma’ul Husna.

Mihrab juga berbeda dengan masjid lainnya. Mihrab berbentuk lorong persegi itu terbuka di bagian depan dan langsung menghadap pegunungan yang sangat indah. Panorama pegunungan tersebut memperlihatkan superioritas kebesaran alam.

Mihrab dan mimbar diletakkan menjorok di atas sebuah kolam. Anda akan melihat sebuah batu bulat berukir lafaz Allah Swt. diposisikan tepat di tengah mihrab yang terbuka. Batu ini merupakan simbol untuk mencegah orang lewat di depan imam.

Penghargaan

Berkat kemegahan dan keindahannya masjid ini mendapatkan beberapa penghargaan yang cukup prestisius di bidang arsitektur. Pada tahun 2010 National Frame Building Association memilih Masjid Al-Irsyad sebagai salah satu dari lima besar “Building of The Year 2010” kategori arsitektur religius.

Selain itu, konsep bangunannya yang ramah lingkungan pun menjadikan masjid ini diganjar penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Construction Information (BCI) Asia.

Luar biasa sekali kan?

Fasilitas Masjid

Sebagai salah satu masjid yang menjadi icon Kab. Bandung Barat, masjid megah ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Taman
  • Parkir

Bagaimana, anda tertarik mengunjungi masjid yang unik dan megah ini?

Tinggalkan komentar