Masjid Al Jihad Medan: Profil, Program, dan Fasilitasnya

Sejarah Masjid Al Jihad Medan yang cukup panjang dan dukungan program yang kreatif dan variatif menjadikan masjid ini senantiasa ramai dikunjungi jamaah. Jika di Jogjakarta Anda mungkin mengenal Jogokariyan, maka di Medan bisa dibilang masjid ini mirip mirip ramainya.

Penasaran tentan fakta masjid ini? Berikut ulasannya!

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Al Jihad Medan  
AlamatJl. Abdullah Lubis, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20222
Tahun Didirikan1958
Luas Tanah8.677 m2  
Luas Bangunan 
Daya Tampung Jamaah2.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Kenyamanan dan Keindahan

Ketika Anda memasuki ruang utama masjid, Anda akan langsung merasakan hawa kenyamanan untuk beribadah. Semua fasilitasnya tertata dan terawat dengan baik.

Anda dapat melihat dinding masjid yang didominasi dengan warna coklat dan keemasan yang elegan. Terdapat juga hiasan-hiasan kaligrafi yang menempel di dinding tersebut.

Di bagian depan, terdapat mihrab dan mimbar yang digunakan imam untuk berkhutbah. Tak ketinggalan, di shaf terdepan terdapat rak-rak Qur’an yang tertata dengan rapih.

Penampakan mihrab dan langit-langit masjid yang menawan.

Saat menengok ke atas, anda akan disuguhkan langit-langit masjid yang berwarna biru muda. Lafadz-lafadz kaligrafi Arab mengelilingi bagian atas masjid. Lampu gantung berwarna emas semakin menambah kecantikan masjid ini.

Saat anda beribadah, Anda pun tidak akan merasakan kepanasan. Masjid ini memiliki system pendingin ruangan, sehingga Anda akan merasa sejuk dan khusyu saat beribadah.

Indah dan nyaman bukan?

Kajian Rutin Masjid Al Jihad

Salah satu hal menarik yang ada di masjid ini adalah rutinnya kajian keislaman. Bisa dikatakan, masjid ini adalah centra dakwah di Kota Medan.

Setiap hari masjid ini selalu diisi dengan berbagai macam kajian. Dari mulai kajian Fiqih, Al-Qur’an dsb. Karenanya masjid ini pun selalu dipenuhi dengan jamaah.

Momen kajian yang ramai jamaah.

Pengisi kajiannya pun tidak hanya dari para Da’I daerah Medan. Tercatat beberapa ulama Nasional pernah mengisi kajian di masjid ini. Misalnya Ust Syafiq Riza Basalamah, Habib Salim Al Jufri, dsb.

Takjil Gratis

Setiap Senin dan Kamis, masjid ini selalu mengadakan buka puasa Sunnah bersama. Biasanya, sebelum buka bersama selalu ada kajian pengiring yang di mulai sejak jam lima sore.

Takjil tersebut didapatkan dari para donatur atau kas masjid. Makanan dan minuman yang disajikannya pun cukup beragam. Maka tak heran, bukber disini selalu ramai dihadiri jamaah.

Karenanya, bagi Anda yang sedang berpuasa, Anda bisa mengunjungi masjid ini untuk mengikuti kajian sekaligus buka bersama secara gratis.

Fasilitas

Masjid ini menawarkan fasilitas yang sangat lengkap. Parkiran masjid ini sangatlah luas. Sehingga anda tidak usah takut kesulitan untuk memarkirkan kendaraan Anda. Selain itu, terdapat pula penjaga yang menjaga area parkir, sehingga Anda tak perlu khawatir dengan kendaraan Anda.

Toilet dan tempat wudlu masjid ini pun bersih dan terawat. Jika Anda khawatir kehilangan barang, Anda dapat memanfaatkan fasilitas penitipan barang yang berada di masjid ini.

Tak ketinggalan, di masjid ini terdapat serambi yang cukup luas. Disini Anda bisa mengisitirahatkan badan anda sambal menikmati segarnya udara masjid. Nggak hanya itu, masjid ini juga menyediakan fasilitas air minum gratis bagi jamaah, sehingga Anda tidak perlu takut kehausan.

Jika Anda lapar setelah melakukan ibadah, Anda tidak perlu khawatir. Sebab di depan masjid ini, tersedia banyak jajanan untuk mengisi perut Anda yang keroncongan.

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi masjid ini?

Tinggalkan komentar