Masjid Al Munawar Pancoran: Profil, Kegiatan, dan Fasilitas

Masjid Al Munawar Pancoran merupakan masjid terbesar di wilayah Pancoran. Aktivitasnya sangat hidup dan makmur karena setiap hari diisi dengan berbagai kajian. Anda bisa datang kemari untuk mengikutinya.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Al Munawar Pancoran  
AlamatJl. Raya Pasar Minggu No.6, RT.1/RW.6, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780
Tahun Dibangun1945
Luas Tanah2.500 m2  
Luas Bangunan1.500 m2  
Daya Tampung Jamaah2000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Majelis Rasulullah

Interior di dalam Masjid Al Munawwar. Kredit Foto: Apabae

Berbicara mengenai Masjid Al Munawar Pancoran, tidak akan bisa lepas dari Majelis Rasulullah. Hal itu karena masjid ini menjadi sentra dakwah Majelis Rasulullah.

Majelis Rasulullah merupakan salah satu Majelis Dzikir dan Shalawat pemuda terbesar di Jakarta pimpinan Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa. Majelis Rasulullah telah sering kali mengadakan kegiatan di Monumen Nasional, seperti Maulid Muhammad dan Tabligh Akbar yang dihadiri banyak ulama nasional dan internasional.

Para Ulama tersebut misalnya adalah Habib Umar bin Hafidz. Beliau adalah ulama besar dunia sekaligus guru Habib Munzir yang berasal dari Kota Tarim, Yaman.

Selain itu, mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga bahkan pernah menghadiri dan menyampaikan sambutannya serta sejumlah pesan dalam kegiatan Majelis Rasulullah, demikian juga tokoh nasional lainnya.

Dalam menyampaikan dakwahnya, Habib Munzir selau mengajak umat Islam untuk bertobat, mencintai Nabi Muhammad serta sunnahnya, dan menjadikan Baginda Muhammad Saw. sebagai idola. Beliau juga senantiasa mengingatkan agar tidak sampai putus aktivitas untuk mencari ridhanya Allah dan rasa cinta Muhammad Saw.

Kegiatan Al Munawar Pancoran

Sebagai masjid terbesar di Pancoran, tentu masjid ini penuh dengan kegiatan. Beberapa kegiatan rutin yang terlaksana di masjid ini adalah:

  1. Pengajian Majelis Rasululloh hari Senin ba’da isya. Kajian ini dipimpin oleh Al Habib Hud bin Muhammad Baghir Al Athas, Al Habib Ahmad bin Novel bin Zindan, Al Habib Ja’far bin Muhammad Baghir Al – Athas
  2. Majelis Malam Ba’da Magrib, berupa kajian fiqih Fathul Mu’in dan kajian hadis Riyadhus Sholihin. Kajian ini diampu oleh KH. Soleh Rohmani MA
  3. Tahlil dan zikir Hari Jumat bada subuh. Tahlilan ini dipimpin oleh KH. Muhammad Hasan Muhidin
  4. Hari kamis ba’da magrib Rawi Adhiya Ad diba’i oleh Remaja Masjid.
  5. Majelis Rabu malam, berupa Tafsir Al Quran dan kitab Bidayatul hidayah. Pembicaranya adalah Ustd H Ahmad Tsauban Abdul Azizi MM,  Ustd Ali Nurdin MM, Ustd Muhammad Hasan Bahresy, dan Ustd H Syauqi Abdil Aziz Lc.
  6. Majelis Anisa, (pengajian ibu Ibu) setiap hari Minggu bada dzuhur.

Dengan banyaknya kegitan yang ada, menjadikan masjid ini tidak pernah sepi jamaah

Fasilitas

Nah untuk menunjang padatnya kegiatan yang ada, masjid ini dilengkapi berbagai fasilitas. Antara lain,:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perlengkapan Pengurusan Jenazah
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir

Bagaimana, Anda ingin mencoba mengkaji islam bersama para Habaib di masjid ini?

Tinggalkan komentar