Masjid At Taawun Puncak: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana untuk berwisata ke kawasan Puncak? Jika iya, maka anda wajib untuk memasukkan Masjid At Taawun sebagai salah satu destinasi wisata anda. Sebab masjid ini bukanlah masjid biasa. Di masjid ini Anda bisa beribadah sekaligus berwisata menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Penasaran? Berikut ulasannya

Profil Masjid At Taawun Puncak

Nama MasjidMasjid At Taawun Puncak  
AlamatJalan Raya Puncak KM.90, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Tahun Berdiri1997
Luas Tanah2.265 m2  
Luas Bangunan300 m2
Daya Tampung Jamaah700 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid At Taawun

Sejarah Masjid Atta’awun berdiri tahun 1997. Awalnya masjid ini hanya berupa masjid kecil yang diperuntukkan kepada pegawai di PTPN Nusantara VIII. Namun dalam perkembangannya, terdapat animo yang besar dari masyarakat agar membangun masjid yang lebih besar sehingga dapat menampung banyak jamaah.

Kemudian Gubernur Jawa Barat H. R Nuriana memprakarsai adanya pembangunan sebuah masjid dari dana hasil sumbangan seluruh warga Jawa Barat. Dimana setiap keluarga menyumbangkan Rp. 100 ,- hingga akhirnya terkumpul jumlah yang cukup.

Berkat peristiwa itulah, masjid ini dinamakan At- Taawun. At-Taawun sendiri dalam Bahasa Indonesia bermakna gotong royong.

Arsitektur Masjid At Taawun

Arsitektur masjid ini memadukan sentuhan modern dan tradisional. Kemegahan Masjid At Taawun begitu mengagumkan. Bangunan masjid ini tampak kokoh. Masjid berlantai dua ini menampilkan arsitektur yang unik, bagian kubah terlihat menyerupai jamur yang dipadukan dengan ornamen khas Sunda.

Di bagian dalam ruang sholat Anda akan melihat sebuah mihrab yang didominasi warna cokelat sehingga menciptakan suasana sedikit lebih gelap dan menonjolkan unsur artistik.

Arah mihrab juga dipakai sebagai penanda arah masjid ke kiblat. Tak ketinggalan, lantai ruang sholat juga didominasi warna coklat karena terbuat dari kayu sehingga kaki Anda tidak akan merasakan dinginnya puncak.

Selain itu Anda pun dijamin akan terkesima dengan hiasan kaca patri yang memenuhi bagian jendela dinding masjid ini. Kombinasi warnanya dan corak yang ditata sedemikian rupa membuat tampilan masjid menjadi sangat cantik.

Tidak hanya itu, nuansa warna putih menyelimuti langit-langitnya, lampu gantung antik dan ornamen-ornamen Islami menambah nilai estetika yang melekat pada bangunan masjid ini.

Sejuk dan Nyaman

Selain keindahan arsitekturnya yang mengagumkan, keindahan lain Masjid Atta’awun juga terletak pada taman didalam area komplek masjid. Disini anda dapat menikmati keindahan taman yang dipadukan dengan kesegaran alam di daerah puncak.

Di bagian belakang masjid, terdapat sebuah sungai kecil yang bersumber dari puncak gunung. Keberadaan air terjun buatan kian menambah cantiknya sungai dan disini anda dapat memanfaatkannya untuk berswafoto.

Sementara itu, lahan di bagian lain bangunan Masjid Atta’awun dikembangkan menjadi sebuah taman dan kolam buatan yang menghiasi lingkar pelataran depan masjid. Taman yang cukup luas tersebut, ditanami beberapa jenis pohon untuk menciptakan suasana teduh.

Disana anda dapat duduk bersantai di bangku-bangku sembari menikmati keindahan pemandangan bukit dan perkebunan kebun teh yang hijau. Tak hanya itu, udara disini amatlah sejuk, hal ini dikarenakan masjid ini berada pada ketinggian 2000 mdpl.

Kuliner dan Buah Tangan

Nah, lantaran masjid ini berada di kawasan wisata, Masjid Atta’awun juga dikelilingi banyak kedai kuliner asyik. Mulai dari ubi Cilembu yang dikenal dengan cita rasa yang manis hingga jagung bakar lezat.

Nggak cuma itu, Masjid Atta’awun juga memiliki pusat oleh-oleh yang berada di sebelah kanannya. Sehingga, jika anda mencari buat tangan untuk orang di rumah, para pedagang di sana dengan senang hati menawarkan pernak-pernik unik. Yakin gk mw kesini?

Fasilitas Masjid At Taawun

Sebagai salah satu rest area utama bagi wisatawan yang sedang liburan di daerah Puncak, maka masjid ini memiliki fasilitas yang amat lengkap. Diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Aula Serba Guna
  • Toko Souvenir dan Oleh-oleh
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Lahan Parkir
  • Kedai Makanan

Berkat keindahan dan kenyamanan, tak lengkap rasanya bila anda sedang wisata ke puncak, tapi tidak mengunjungi Masjid At Taawun yang cantik ini.

Tinggalkan komentar