Masjid At Taqwa Cirebon: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana berwisata ke Cirebon? Jika iya, tak ada salahnya Anda memasukkan Masjid At Taqwa Cirebondalam daftar list wisata Anda. Arsitekturnya yang menarik, dan lokasinya yang strategis membuat masjid ini layak untuk Anda kunjungi.

Untuk memperdalam informasi Anda mengenai masjid ini, berikut ulasannya

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid At Taqwa Cirebon  
AlamatJl. Kartini No. 2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121
Tahun Didirikan1918
Luas Tanah8.000 m2  
Luas Bangunan5.000 m2  
Daya Tampung Jamaah5.500 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid At Taqwa Cirebon

Sejarah Masjid At-Taqwa awalnya hanya sebuah tajug kecil yang bernama Tajug Agung, di kampung bernama Kejaksan. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada tahun 1918. Tajug ini tak luas dan hanya bisa memuat beberapa jamaah saja.

Karena usianya yang semakin tua dan kecilnya ruangan, apalagi posisinya kurang menghadap kiblat, akhirnya Tajug Agung mulai direnovasi atas gagasan kepala Koordinator Urusan Agama Cirebon kala itu, R. M. Arhatha.

Bangunan masjid yang baru akhirnya terwujud pada tahun 1951. Bangunannya diperluas, ditinggikan, dan diperkokoh. Masjid ini mampu menampung ribuan jamaah baik untuk solat lima waktu, solat Jumat, maupun solat Hari Raya.

Bangunan Masjid At-Taqwa yang sekarang merupakan bangunan generasi ketiga setelah direnovasi. Pada tahun 2005-2009, bangunan masjid kembali dipugar supaya lebih kokoh, kuat, dan nyaman. 

Arsitektur Masjid

Gaya arsitektur masjid ini mencirikan khas bangunan tropis dengan atap jurai. Masjid ini dilengkapi dengan empat menara kecil di setiap sudut dan sebuah menara utama setinggi 65 meter.

Ketika Anda memasuki area masjid, Anda akan langsung terkesan dengan adanya gerbang yang indah. Gerbang ini bewarna emas dan bertuliskan kaligrafi dua kalimat syahadat di sekililingnya.

Keindahan gerbang ini dipadukan dinding bingkai putih yang semakin menonjolkan warna emas tersebut. Enam tiang penyangga sebagai lampu taman pun akan turut menemani langkah Anda ketika memasuki area masjid.

Di area masjid terdapat taman yang dihiasi dengan pepohonan kurma, hal ini tentu menambah indahnya visual halaman masjid dan menjadikannya kesan eksotik ala Timur Tengah. Pohon kurma ditanam di ruang luar masjid dengan jumlah 21 buah, tepatnya di halaman samping masjid yang dekat dengan sisi jalan Kartini.

Salah satu sudut A-Taqwa Cirebon yang indah arsitekturnya.

Terdapat pula rumput hijau yang mengisi seluruh daerah. Selain itu kehadiran dua kolam air mancur di sisi kanan dan kiri pada bagian depan fasade masjid, semakin melengkapi kegagahannya.

Memasuki ruangan utama Masjid, Anda akan melihat empat tiang penyangga atap yang kokoh. Tiang tersebut berlapis batu granit dan terukir ukiran ornamen bunga di tengah bintang segi delapan dan ornamen suluran melingkar di luarnya yang semuanya berwarna keemasan.

Terdapat juga sebuah lampu kristal menggantung di tengah ruangan, serta hiasan kaligrafi ayat-ayat diukir di atas bilahan kayu jati dengan detil rumit di bagian mihrab.

Lantai masjid yang terbuat dari batu granit dibiarkan telanjang tanpa dilapis karpet. Sebagaimana dijumpai pada banyak masjid lain di tanah air, di sebelah kiri kanan mihrab Masjid At-Taqwa juga terpasang hiasan kaligrafi yang berbunyi “Allah” dan “Muhammad”.

Suasana di dalam Masjid At Taqwa saat jam sholat.

Selain itu, masjid ini memiliki karakteristik bangunan yang berbeda dari bangunan pada umumnya. Perbedaannya adalah bagian dinding yang tidak dilengkapi dengan jendela yang tertutup kaca.

Jendela besar-besar dibiarkan terbuka untuk melancarkan sirkulasi udara masjid. Jendela hanya diberi ornamen besi serta elemen estetika yang terbuat dari kuningan dengan pola khas arsitektur Gaya Islam.

Keindahan dari pesona Masjid Raya At-Taqwa semakin terasa saat anda naik ke menara utama masjid. Disini Anda bisa menikmati keindahan suasana Kota Cirebon dari ketinggian. Dalam ruangan dinding menara juga dilengkapi dengan wisata foto Cirebon Tempo Doeloe. Menarik sekali kan?

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid yang cukup besar, masjid ini dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Mobil Ambulance
  • Perlengkapan Pengurusan Jenazah
  • Aula Serba Guna
  • Pertokoan
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir

Bagaimana anda tertarik mengunjungi Masjid At Taqwa Cirebon yang berada di Kota Udang ini?

Tinggalkan komentar