Masjid Cheng Ho Pandaan: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana berwisata ke Pasuruan? Jika iya, tak ada salahnya Anda memasukkan Masjid Cheng Ho Pandaan dalam daftar list wisata Anda. Arsitekturnya yang menarik, dan lokasinya yang strategis membuat masjid ini layak untuk Anda kunjungi.

Untuk memperdalam informasi Anda mengenai masjid ini, berikut ulasannya

Profil Masjid Cheng Ho Pandaan

Nama MasjidMasjid Cheng Ho Pandaan  
AlamatJl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. PAndaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156
Tahun Dibangun2003
Luas Tanah6.000 m2
Luas Bangunan550 m2
Daya Tampung Jamaah2000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Cheng Ho Pandaan

Masjid yang letaknya di Kabupaten Pasuruan adalah satu dari tiga masjid besar di Indonesia yang mengabadikan nama besar Laksamana Cheng Ho sebagai nama tempat ibadah.

Sejarah Masjid Cheng Hoo Pasuruan, sebagaimana Masjid Cheng Ho yang ada di Surabaya dan Palembang, merupakan inisiasi komunitas Muslim Tiongkok yang sudah lama bermukim di Indonesia. Mereka mendirikan masjid ini bermaksud untuk mengenang Laksamana Cheng Ho dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 30 Mei 2004. Bangunan masjid ini dibangun di atas tanah kosong milik Perhutani dan menelan biaya hingga Rp. 3,2 Milyar lebih dari anggaran pemerintah daerah. Setelah lima tahun, akhirnya masjid ini diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008 oleh Bupati Pasuruan  saat itu yakni H.Jusbakir Aldjufri. 

Arsitektur Masjid Cheng Ho Pandaan

Masjid Cheng Hoo ini memiliki arsitektur yang kental dengan gaya khas Tionghoa.  Bangunan utama masjid ini memiliki bentuk atap bersusun seperti pagoda khas Tionghoa. Atap tersebut melambangkan hidup manusia di dunia yang sebaiknya tak hanya mengurusi masalah duniawi, namun juga mendekatkan diri kepada Yang Di Atas.

Bangunannya dicat dengan sentuhan warna-warna cerah seperti warna hijau, merah, dan kuning keemasan. Warna merah mendominasi masjid ini. Mulai dari tiang, tembok dan berbagai ornamen seperti lampion yang menjadi ciri khas Tionghoa.

Sementara itu, warna hijau digunakan untuk genteng. Adapun warna keemasan dikhususkan untuk warna tulisan dan ukiran yang ada di masjid ini. Tulisan masjid Cheng Ho pun dilengkapi dengan tulisan huruf China yang ditempelkan di depan pintu masjid. 

Masjid ini memiiliki dua lantai. Lantai dasar Masjid Cheng Ho ini digunakan sebagai ruang pertemuan yang kadang kala juga disewakan untuk acara petemuan lainnya. Bagi Anda yang lelah dalam perjalanan, Anda dapat tidur atau beristirahat sejenak di ruang tersebut.

Bagi para backpacker atau traveler yang kekurangan kocek untuk bermalam di Pasuruan pun dapat menggunakan ruangan ini sebagai tempat bermalam. Syaratnya hanya cukup melapor pada petugas jaga dan menitipkan kartu identitas.

Pada sisi depan bagian atas lantai dasar ini, terdapat ornamen yang bertuliskan lafadz Allah. Sedangkan pada atapnya berbentuk seperti atap pada bangunan pagoda. Pada beberapa bagiannya terdapat ornamen berupa lampion dengan pendar dan cahayanya yang khas.

Penampakan ornamen di salah satu sudut Masjid Cheng Ho Pandaan

Melangkahkan kaki menuju lantai kedua, terdapat ruangan utama untuk shalat dengan warna dinding yang didominasi oleh warna merah dan putih dengan karpet yang berwarna hijau. Pilar-pilar pada ruangan utama ini berwarna emas dan cukup tinggi sehingga mengesankan ruangan sangat lapang dan lega.

Selain itu, di lantai ini Anda akan merasakan kesegaran hawa khas Tretes Pasuruan. Saat membuka jendela masjid, Anda akan melihat panorama gunung Penanggungan dan Arjuno serta panorama puncak Tretes Prigen. View nya sangat indah dan menawan

Pada saat senja, malam hari hingga fajar, Anda dapat menyaksikan lampu-lampu masjid dan lampion khas Tiongkok dinyalakan. Pada saat tersbut pemAndangan masjid Muhammad Cheng Hooo sangatlah indah.

Lokasi Strategis

Letak masjid ini sangatlah strategis. Lokasinya mudah dijumpai dan dituju karena berada di tepi jalan raya utama pada pertigaan arah menuju Pasuruan, Malang dan Surabaya. Atau sekitar 300 meter dari terminal PAndaan. Kawasan masjid ini juga dilengkapi dengan deretan toko yang menjual makanan, pakaian, souvenir, buah dan sebagainya.

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid yang sering dijadikan rest area oleh para pengguna jalan, masjid ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Diantara fasilitas masjid ini antara lain:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Tempat Penitipan Sepatu/SAndal
  • Toko Souvenir
  • Kedai Makanan
  • Parkir

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendatangi Masjid Cheng Ho Pandaan yang bergaya Tiongkok ini?

Tinggalkan komentar