Masjid Islamic Center Bekasi: Sejarah, Program, dan Fasilitas

Menjadi pusat kegiatan keislaman masyarakat Bekasi, Masjid yang berada di lingkungan Islamic Center Bekasi atau Nurul Islam hampir selalu ramai dengan program. Bangunannya yang megah dan nyaman juga menjadikannya destinasi favorit untuk singgah dan beribadah.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Islamic Centre Bekasi (Nurul Islam)  
AlamatJl. Jend. Achmad Yani No.22, RT.005/RW.002, Marga Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bekasi, Jawa Barat 17141
Tahun Diresmikan1993
Luas Tanah 
Luas Bangunan860 m2
Daya Tampung Jamaah900 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Islamic Center Bekasi

Kredit Foto: Isral Syamsir

Masjid Nurul Islam terletak di Komplek Islamic Center Bekasi. Sejarah pembangunannya diprakarsai oleh KH Noer Ali. FYI, beliau adalah salah satu ulama yang digelari pahlawan nasional lho.

Kala itu, beliau mengusulkan pendirian pusat keislaman di kawasan bekasi kepada dua orang paling berpengaruh di Bekasi, yakni Bupati Bekasi H. Suko Martono dan Ketua DPRD II Kabupaten Bekasi H.M. Roesmin.

Usulannya tersebut mendapat sambutan baik dari dua orang tokoh tadi, serta dari sejumlah kalangan masyarakat. Maka segeralah dibentuk kepanitiaan proyek pembangunan masjid dan Islamic Center di Bekasi pada 1990-an.

Akhirnya, Masjid dan Islamic Center mulai dibangun pada akhir tahun 1990 dengan penyimbang utamanya yakni Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila. Adapun proses perampungan masjid dilakukan pada Juli 1993, lalu diresmikan pembukaannya oleh Presiden Suharto.

Program

Islamic Center Bekasi saat ini menyelenggarakan berbagai kegiatan. Pertama, kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Nurul Islam yang merupakan pengelola Islamic Center.

Kedua, kegiatan rutin yang langsung ditangani oleh badan pengelola. Ketiga, kegiatan bersama yang melibatkan institusi lain seperti ICMI, MUI, BKMT dll, dan keempat Islamic Center menjadi fasilitator kegiatan yang diadakan oleh organisasi lain sperti Depag, KAHMI, MUI, pengajian Almanar dll.

Pusat Kajian Keislaman

Sesuai namanya, Islamic Center Bekasi menjadi sentra dakwah islam di Kota Bekasi. Islamic Center mengadakan kegiatan berupa Mudzakaroh Ulama, remaja dan wanita, studi Islamika, Konsultasi keluarga Muslim, kepustakaan dan penerbitan buku “Data Dakwah” Bekasi. 

Tak ketinggalan, pengurus Islamic Center juga menyelenggarakan pengajian rutin, kursus dan pelatihan serta menyelenggarakan kegiatan dalam rangka hari besar islam.

Maka tak heran, setiap harinya masjid ini selalu ramai oleh jamaah.

Pendidikan

Tak kalah menariknya, di Lokasi Islamic Center juga terdapat Islamic Preschool Centre yang merupakan program taman kanak-kanak dan play grup.

Islamic Preeschool Centre ini melakukan kegiatannya dengan pendekatan student centered development dengan berupaya mengoptimalkan perkembangan pada dimensi kognitif, afektif dan psikomotorik anak dalam bingkai spritual.

Fasilitas

Untuk menunjang padatnya kegiatan, Islamic Centre Bekasi dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Toilet dan Tempat Wudlu
  • Sarana Pendidikan
  • Halaman Parkir
  • Taman
  • Gedung Serbaguna
  • Gedung Asrama A (Arafah)
  • Gedung Asrama B (Mina)
  • Ruangan Makan
  • Gedung Perpustakaan Darul Ulum
  • Kantor Sekretariat
  • Plaza
  • Selasar Masjid

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi Masjid Islamic Center Bekasi ini?

Tinggalkan komentar