Masjid Islamic Center Indramayu: Profil, Sejarah,Arsitektur, Fasilitas

Indramayu adalah sebuah daerah pesisir di Jawa Barat yang mungkin kurang masyhur di Indonesia. Namun meskipun begitu di masjid ini terdapat sebuah masjid yang terkenal keindahannya. Masjid itu ialah Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu. Karenanya wajar kalau Anda penasaran dan ingin kenal lebih dalam tentangnya.

Profil Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu

Nama MasjidMasjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu
AlamatJl. Soekarno Hatta No.1, Pekandangan, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45214
Luas Tanah
Luas Bangunan
Daya Tampung Jamaah2500 jamaah
Lokasi
Jam buka24 jam

Sejarah Masjid Islamic Centre Indramayu

Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu adalah sebuah masjid yang umurnya baru seumur jagung. Masjid ini dibangun pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2018.

Peresmian masjid ini sendiri dilaksanakan tepat pada Peringatan Nuzul Quran yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan 1439H/2018M oleh Gubernur Jawa Barat yang saat itu dijabat Ahmad Heryawan atau Aher.

Meskipun umurnya masih terbilang sangat muda, namun masjid ini juga memiliki nilai historis, yaitu dengan menjadikan nama Syaikh Abdul Manan sebagai nama dari Masjid Islamic Center Indramayu ini.

Siapa Syaikh Abdul Manan?

Syaikh Abdul Manan adalah ulama besar yang terkenal dari tanah Indramayu. Beliau adalah ulama yang mewarisi banyak kitab, khususnya dalam bidang Tasawwuf dan Fiqih.

Di masa hidupnya, Syekh Abdul Manan tinggal di sebuah rumah sederhana yang ada di wilayah Kelurahan Paoman, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Meski sudah berusia ratusan tahun, namun hingga saat ini struktur bangunan rumah tersebut masih terjaga keasliannya.

Bahkan saat ini rumah beliau termasuk cagar budaya, sehingga pemda setempat sangat memperhatikan kondisi rumah tersebut. Satu hal yang patut dicatat, rumah dan makam beliau berada persis di komplek masjid. Maka tak heran banyak Jemaah yang mengunjungi masjid sekaligus berziarah ke makam beliau.

Lokasi Masjid

Masjid ini lokasinya cukup strategis, hal ini karena komplek masjid dekat dengan jalan raya dan sangat mudah di akses menggunakan mobil, sepeda motor atau berjalan kaki. Parkirnya pun sangat luas, sehingga anda tidak perlu risau untuk memarkirkan kendaraan anda.

Arsitektur Masjid

Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang khas dan menarik. Terdapat perpaduan model masjid modern tetapi tidak melewatkan kesan tempo dulu.

Bangunan masjid ini dihiasi oleh tiga kubah. Kubah terbesar berada persis di tengah-tengah bangunan yang terapit oleh dua kubah ukuran kecil yang terletak di samping kiri dan kanan.  

Selain itu, terdapat empat menara di setiap sudut masjid yang masing-masing tingginya adalah 100 m. Ornamen masjid ini pun begitu indah. Ornamennya dibuat dengan sangat apik yang mirip dengan bangunan ala timur tengah.

Fasilitas Masjid

Sebagaimana masjid besar pada umumnya, di masjid ini terdapat fasilitas yang sangat memadai. Banyak netizen yang memuji keindahan dan wanginya area dalam masjid. Area di dalam masjid pun sudah dilengkapi dengan AC, sehingga anda tidak akan merasa kepanasan.

Disini terdapat area rumput sintetis yang dapat digunakan untuk bermain atau berlari. Selain itu pada area depan masjid ada payung layaknya payung yang terdapat di Masjid Nabawi. Gak ketinggalan, terdapat air mancur yang menarik jamaah untuk berfoto di sekelilingnya.

Area parkirnya pun luas dan terjaga karena pintu masuk menggunakan karcis. Ada juga warung makan di samping masjid untuk mengisi perut anda. Selain itu pengelola menyediakan spot buku untuk membaca buku pengetahuan atau kitab islami.

Karenanya, bagi anda yang tinggal di Indramayu ataupun para pelancong yang sedang berwisata, tak ada salahnya datang ke Masjid Islamic Center Indramayu untuk beribadah sekaligus menikmati keindahan dan kenyamanan Rumah Allah ini.

Tinggalkan komentar