Masjid Islamic Center Lombok: Sejarah, Keunikan dan Fasilitas

Lombok dikenal sebagai pulau Seribu Masjid. Ya, saat berkunjung ke sini, kamu bakalan menemukan banyak tempat ibadah yang megah. Salah satunya Masjid Islamic Center Lombok yang bernama Hubbul Wathon yang menawarkan kenyamanan serasa berada di Tanah Suci.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram  
AlamatJl. Udayana No.1, Kel. Gomong, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat  83125
Tahun Dibangun2010
Luas Tanah76.000 m2  
Luas Bangunan36.000 m2  
Daya Tampung Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Hubbul Wathan

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram atau Islamic Center Mataram merupakan masjid Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di pusat Kota Mataram, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebagai masjid daerah, usia masjid ini baru seumur jagung lho. Namun meskipun begitu, masjid ini sekarang sudah menjadi salah satu landmark Provinsi NTB.

Islamic Center Mataram ini dibangun pada tanggal 9 Maret 2010 dan selesai pada 15 Desember 2013 yang ditandai dengan diresmikannya oleh Gubernur NTB saat itu TGB. H.M. Zainul Majdi.

Kemegahan Bangunan

Ketika malam, penampakan masjid menjadi lebih indah lagi. Kredit Foto: Deval

Bangunan Masjid Islamic Center Mataram ini memiliki kemegahan yang indah. Secara umum masjid ini dibangun dengan 4 lantai. Saking megahnya, luas bangunan masjid ini mencapai 36.000 m.

Tak hanya megah, masjid ini juga terlihat sangat indah dan cerah. Hal ini tak lepas dari warna bangunannya yang didominasi dengan warna-warna tosca, kuning, dan putih.

Selain itu, ada hal yang menarik di bagian kubah. Kubah bangunan ini memiliki hiasan berupa motif batik khas dari daerah Nusa Tenggara Barat, yaitu motif batik sasambo, yang tidak ada di masjid lainnya di Lombok.

Interior Menawan

Jika menilik kedalam masjid, pada bagian langit-langit Anda akan melihat keindahan motif-motif tenun Sasak yang mengelilingi rangka kubah.

Kemudian, kain batik sasambo khas Nusa Tenggara Barat menjadi lapisan berwarna biru pada lampu yang berukuran sangat besar. Perpaduan motif dan warnanya terlihat sangat menawan.

Tak ketinggalan, pemilihan warna keemasan pada bagian mimbar masjid, kontras dengan warna merah pada karpet, sehingga memiliki kesan mewah yang terpancar.

Masjid ini juga memiliki pencahayaan yang bagus, karena memiliki bukaan jendela yang sangat banyak disetiap lantainya.

Menara

Penampakan menara-menaranya yang menjulang tinggi. Kredit Foto: Ronny Kadran

Nah, masjid ini memiliki 5 menara yang menjulang tinggi. Salah satu menaranya memiliki ketinggian yang mecapai 99 m, yang melambangkan Asmaul husna.

Yang menarik, menara tersebut dapat dinaiki siapapun. Untuk bisa naik ke atas menara, Anda hanya diwajibkan membayar tiket sebesar 5K. Tenang saja, Anda tak perlu capek-capek naik tangga, karena menara ini memiliki fasilitas lift.

Sejauh mata memandang dari ketinggian, Anda akan melihat kubah-kubah nan cantik menyembul dari rentetan atap-atap bangunan rumah maupun gedung. Karenanya tak salah bila Pulau Lombok dijuluki sebaga Pulau 1000 Masjid.

Lokasi

Lokasi masjid terbesar di Mataram Nusa Tenggara Barat ini adalah di Jalan Langko, Kota Mataram. Lokasi tersebut sangat strategis dan berada di Pusat Kota Mataram, sehingga pengunjung tidak perlu bingung mencarinya.

Dan karena masih berada di tengah kota, maka fasilitas lain di sekitar masjid tersebut akan membantu Anda dalam mendapatkan kebutuhan yang diperlukan.

Misalnya tempat makan atau restoran, yang ada di sekitar kawasan masjid, sehingga Anda dapat dapat berwisata kuliner sambil menunggu waktu masuk sholat atau ibadah lainnya.

Fasilitas

Sebagai masjid daerah, tentu saja masjid ini dilengkapi segudang fasilitas. Diantaranya,

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Aula Serba Guna
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir
  • Internet Akses

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok?

Tinggalkan komentar