Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian: Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian memiliki nama Masjid Agung Madani. Dengan gaya arsitektur kental nuansa arab, masjid ini tampak indah dan megah. Cocok untuk Anda jadikan destinasi religi dan wisata sekaligus.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Agung Madani Islamic Pasir Pengaraian Center Rokan Hulu  
AlamatJl. Tuanku Tambusai KM.4, Pematang Berangan, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28558
Tahun Dibangun2014
Luas Tanah220.000 m2  
Luas Bangunan15 800 m2  
Daya Tampung Jamaah20 000 Jamaah
Lokasi
Buka04.00 – 21.00 WIB

Sejarah Masjid Agung Madani

Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian Rokan Hulu atau biasa juga disebut sebagai Masjid Agung  Islamic Center adalah Masjid Agung sekaligus Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu, provinsi Riau.

Pembangunan-nya digagas oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si, dan menjadi ikon Kabupaten Rokan Hulu. Pembangunan MAMIC Rokan Hulu dimulai pada Tahun 2008, dan diresmikan penggunaannya pada hari Jumat Tanggal 25 Syaban 1431 H, bertepatan dengan 06 Agustus 2010 M

Peresmiannya diresmikan oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si. Dengan menghadirkan Ustadz kondang, Dai Sejuta umat KH. Zainuddin MZ yang bertindak selaku Khatib pada Sholat Jumat saat itu.

Arsitek

Fitur utama bangunan masjid ini terdiri bangunan utama masjid dan bangunan plaza yang dikelilingi oleh arcade. Arsitektur masjid mengadopsi bangunan masjid modern bergaya arabia dengan kubah besar berdiameter 25 meter di atap bangunan utama.

Kubah tersebut diapit empat menara di setiap sudut bangunan masjid masing masing setinggi 66.66 meter. Selain itu ditambah dengan satu menara utama setinggi 99 meter yang terpisah dari bangunan utama masjid.

Menara yang terpisah ini memiliki filosofi yang melambangkan jumlah asmaul husna. Menariknya, menara tersebut dapat dinaiki siapapun. Dari menara tersebut Anda akan terpesona dengan keindahan pemandangan khas Rokan Ulu.

Masjid pasir pengairan pada malam hari penampakannya lebih indah lagi. Anda perlu datang langsung untuk melihatnya.

Masjid Pasir Pengairan Malam Hari
Suasana masjid yang indah dan ramai pada malam hari. Kredit Foto: Yudi Ahmad

Interior Masjid

Saat Anda memasuki bangunan, kesan nyaman dan mewah akan langsung Anda rasakan. Anda akan melihat Interior masjid dihiasi dengan berbagai kaligrafi yang sangat indah. Kaligrafi tersebut terbuat dari berbagai bahan atau batu hias yang ada di tanah air misalnya batu oksi dari Jawa Timur, Akik dari Kalimantan dan berbagai jenis lainya.

Warna keemasan yang menjadi warna utama interior masjid semakin menambah kesan megah dan indah. Karpet tebal dari Turki dan adanya pendingin ruangan di setiap sudut juga akan menjadikan ibadah Anda semakin khusyu dan nyaman.

Yang tak kalah menarik, terdapat lampu gantung yang menggantung megah di tengah masjid. Eits, ini bukan lampu gantung biasa. Lampu ini memiliki berat 2 ton lho…

Kemegahan di dalam masjid.

Luar biasa kan interiornya?

Aktivitas

Sebagai Islamic center, kegiatannya amatlah banyak. Disini Terdapat kajian-kajian keislaman singkat setiap menjelang salat zuhur, Kajian fiqh dan muammalah serta ceramah agama dilaksanakan rutin setiap pekannya  dengan menghadirkan ustaz atau mubalig yang ahli di bidangnya.

Di samping kegiatan tersebut, Masjid Agung Madani juga menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis. Iktikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam. Terkhusus bulan Ramadan, disediakan baik sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya.

Karenanya, masjid ini tiap harinya tidak pernah sepi dari jamaah lho!

Business Center

Oh ya, di bawah bangunan masjid ini terdapat lokasi business centre, yang merupakan pusat belanja oleh-oleh khas Rokan Hulu, seperti dodol dengan aneka rasa, kripik dari olahan buah-buahan, pakaian-pakaian gamis, dan lain-lain.

Dan terdapat pula sebuah restoran yang menyuguhkan makanan khas Rokan Hulu, yaitu asam pedas ikan baung sungai. Mantap kan?!

Masjid Terbaik

Dengan berbagai kegiatan keislaman yang telah dilaksanakan dan kemegahan fisik yang terjaga kebersihan dan pelayanannya, masjid ini pernah dinobatkan sebagai  masjid terbaik di Indonesia pada tahun 2015, diantara 509 masjid di 33 provinsi.

Prestasi yang diraih oleh Masjid Agung Islamic Centre Rokan Hulu sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna sudah meliputi penilaian kategori Idarah, Imarah, dan Riayah. Ia berdasarkan keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015.

Hebat kan?

Fasilitas

Untuk menunjang setiap jamaah yang datang, masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Poliklinik
  • Mobil Ambulance
  • Perlengkapan Pengurusan Jenazah
  • Aula Serba Guna
  • Toko
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Gudang
  • Taman
  • Parkir
  • Internet Akses

Bagaimana, Anda penasaran untuk berkunjung ke masjid ini? Ayo kunjungi segera!

Tinggalkan komentar