Masjid Islamic Center Samarinda (MICS): Sejarah, Arsitektur, Fasilitas

Saat anda berwisata ke Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, tepat saat melintasi jembatan Sungai Mahakam, perhatian Anda akan terarah pada sebentuk bangunan megah yang sangat indah. Bangunan tersebut ialah Masjid lslamic Center Samarinda yang memiliki nama Baitul Muttaqin.

Bangunan yang elegan dan letaknya di tepi Sungai Mahakam, menjadikan siapapun akan terkesima dengannya.

Profil Masjid Islamic Center Samarinda

Nama MasjidMasjid Islamic Centre Samarinda (Baittul Muttaqin)  
AlamatJl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75126
Tahun Dibangun2001
Luas Tanah120.000 m2
Luas Bangunan43.500 m2
Daya Tampung Jamaah45.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda atau biasa disingkat MICS adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal, Jakarta. Sejarah masjid ini mulai dibangun pada tanggal 5 Juli 2001 yang ditandai dengan penekanan tombol pemancangan tiang pertama oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri.

Setelah melalui proses pembangunan selama kurang lebih 7 tahun, masjid ini akhirnya diresmikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 juni 2008.

Kemegahan Arsitektur

Masjid ini memiliki gaya khas Turki yang terkombinasi dengan unsur Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia. Perpaduan aneka gaya arsitektur tersebut dapat Anda lihat dari kubah yang mengadopsi model kubah Masjid Haghia Sophia di Turki.

Penempatan gerbang-gerbang tinggi nan megah mencirikan bangunan khas ala Eropa kuno. Adapun desain menaranya terinspirasi oleh menara Masjid Nabawi, Madinah.

Secara umum terdapat tiga bagian utama masjid dengan fungsinya masing-masing. Pada bagian pertama, yakni merupakan tempat untuk parkir kendaraan, toilet, dan tempat berwudu. Sedangkan bagian kedua adalah lantai dasar yang digunakan baik untuk ruang pertemuan, maupun acara seminar, resepsi pernikahan, dan tablig akbar. Adapun bagian ketiga pada masjid ini merupakan ruang salat utama untuk para jemaah.

Ketika Anda memasuki ruang utama, Anda akan melewati 33 anak tangga yang bermakna sebagai sepertiga jumlah biji tasbih. Setelah melewati anak tangga, Anda akan melihat serambi masjid yang desainnya sangat mewah.

Serambi tersebut memiliki hiasan lampu gantung kristal dan lampu dinding yang unik bertuliskan kaligrafi huruf Arab. Ruang utama ini menampilkan kesan yang megah nan menyejukkan. Penggunaan material granit pada lantai dengan pilihan warna krem muda beraksen garis vertikal hitam semakin padu dengan dinding mihrab yang berwarna gelap.

Suasana Kemegahan Masjid Baitul Muttaqin Samarinda

Menara Asmaul Husna

Tak hanya itu, di kawasan masjid ini terdapat tujuh menara yang terdapat di setiap sisi. Dari ketujuh menara tersebut, ada satu menara utama dengan tinggi mencapai 99 meter yang terdiri dari 15 lantai, di mana masing-masing lantainya setinggi rata-rata 6 meter.

Tinggi menara utama tersebut melambangkan Asmaul Husna atau nama-nama Allah SWT yang jumlahnya ada 99. Karenanya, di dinding luar menara utama terdapat hiasan dengan lafadz asmaul husna yang terlapisi batu granit dengan teknik pembuatan water jet.

Enam menara sisanya tersebar pada empat penjuru masjid dengan ketinggian masing-masing mencapai hingga 66 meter, dan dua menara lain di bagian depan bangunan. Dua menara ini disebut menara kembar satu dan dua, dan merupakan menara yang paling pendek di antara yang lain. Nah, enam menara tersebut sesuai dengan jumlah rukun iman yang wajib diimani seorang muslim.

Sambil menikmati suasana sejuk dan tenang, Anda juga dapat duduk beristirahat di antara sekat-sekat lorong bangunan yang ada di masjid ini.

Pada malam hari, masjid Islamic Center terlihat sangat indah. Hal ini karena lampu-lampu yang menyala dari tiap bangunan masjid. Karenanya, pemandangan Masjid Islamic Center pada malam hari pun menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan apabila sedang berkunjung ke Kota Tepian ini.

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid terbesar kedua di Asia Tenggara, masjid ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Diantaranya:

  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Koperasi
  • Jalan Khusus Penyandang Disabilitas
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Taman
  • Parkir
  • Gedung Serbaguma
  • Kantin
  • Perpustakaan
  • Sarana Pendidikan

Bagaimana, anda tertarik mengunjungi Masjid Islamic Center Samarinda yang mewah serta elegan ini?

Tinggalkan komentar