Masjid Muhammad Cheng Ho Palembang: Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana berwisata ke Palembang? Jika iya, tak ada salahnya Anda memasukkan Masjid MuhammadCheng Ho Palembang dalam daftar list wisata Anda. Arsitekturnya yang menarik membuat masjid ini layak untuk Anda kunjungi.

Untuk memperdalam informasi Anda mengenai masjid ini, berikut ulasannya

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Muhammad Cheng Ho Palembang  
AlamatJL. Pangeran Ratu No 15, Perumahan Top Atlit, Kec.  Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Tahun Didirikan2003
Luas Tanah5.000 m2  
Luas Bangunan2.000 m2  
Daya Tampung Jamaah600 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Muhammad Cheng Ho

Sejarah Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang dibangun oleh Yayasan Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan yang berjumlah 12 orang.

Dari pertemuan anggota PITI Sumatera Selatan terkumpul dana awal Rp 175 juta. Kerja selanjutnya adalah mencari lokasi untuk berdirinya masjid tersebut. Sumber dana lainnya didapat lewat bantuan dari pemerintah dalam hal ini Gubernur provinsi Sumatera Selatan pada saat itu Ir. H. Syahrial Oesman M.M, menawarkan tanah yang berada di komplek perumahan Top di Jakabaring yang saat itu sedang dibangun oleh developer Amen Mulia.

Lalu, KH. Muhammad Supri dan Bapak Amin Mulya seorang mualaf Palembang mendonasikan tanah seluas 5.000 meter. Sumbangan lain untuk pembangunan masjid juga berasal dari masyarakat umum melalui infaq dan shadaqah, para dermawan yang berasal dari berbagai daerah dan sumber lain yang halal serta tidak mengikat. Pembangunanya sendiri dimulai pada tahun 2003. Adapun peresmian masjid ini dilakukan pada tahun 2006.

Arsitektur Masjid

Secara umum, arsitektur masjid dua tingkat ini memiliki arsitektur khas Tionghoa. Hal ini dibuktikan dengan kentalnya nuansa Tionghoa ketika Anda memasuki masjid ini.

Saat melangkah memasuki halaman masjid, Anda akan disambut dengan gapura masjid yang bergaya Tiongkok, dengan pilar merah dan atap limas berwarna kuning emas. Di Gapura ini terdapat sebuah papan nama bertuliskan “Masjid Muhammad Cheng Hoo”, lengkap dengan aksara Mandarin.

Masjid Cheng Ho ini juga dilengkapi dua menara serupa pagoda berwana merah, yang masing-masing diberi nama “Habluminallah” dan “Habluminannas” –”hubungan manusia dengan Allah” dan “hubungan dengan sesama manusia”.

Salah satu menara di Masjid Ceng Ho Palembang.

Menara tersbeut berbentuk pagoda dengan atap bersusun lima menjulang ke atas. Pada puncaknya ada kubah berbentuk lonjong yang diatasnya terpasang lambang bulan bintang

Kedua menara itu punya lima tingkat, yang melambangkan shalat lima waktu dalam sehari. Adapun tingginya mencapai 17 meter yang merupakan simbol dari jumlah rakaat yang harus dikerjakan setiap Muslim dalam sehari.

Sementara di bagian luar menara dibubuhi ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing. Penggunaan ornamen khas tersebut bukan tanpa sebab, selain karena Masjid Cheng Ho ini dibangun di tanah Palembang, arsitek masjid ini menyadari adanya kedekatan antara kebudayaan Palembang dengan kebudayaan Tionghoa.

Masuk ke dalam masjid, Anda akan mendapati warna dominan merah, warna yang identik dengan kebudayaan Tiongoa. Arsitektur Tionghoa juga terlihat dari daun pintu yang terdapat pada pintu utama masjid. Pancang-pancang dan ornamen pagar pembatas di bagian atas makin mempercantik tampilan interior masjid yang kental akan nuansa Tionghoa. Cukup menarik kan?

Lokasi Masjid

Lokasi masjid berada cukup jauh dari pusat kota Palembang. Untuk Anda yang ingin berkunjung sekaligus sholat, bisa menuju Jalan Pangeran Ratu Jakabaring (depan pasar induk Jakabaring Palembang) Perumahan Top Kelurahan 15 Ulu Palembang. Karena letaknya berada di lokasi perumahan warga, suasana masjid sangat tenang dan sepi.

Selain itu, akses ke masjid ini juga terbatas, hal ini dikarenakan tidak adanya angkutan umum. Karenanya jika Anda berencana singgah ke masjid ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek.

Fasilitas Masjid

Meskipun letaknya berada di dalam perumahan, masjid ini tetap memiliki fasillitas yang cukup lengkap.

Diantaranya:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Pembangkit Listrik/Genset
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Halaman Parkir

Berkat keunikan dan kekhasannya, rasanya kurang lengkap bila Anda berkunjung ke Kota Palembang sebelum menapakkan kakinya ke Masjid Cheng Ho Palembang ini. Yuk datang ke masjid ini!

Tinggalkan komentar