Masjid Nurul Iman Blok M: Profil, Fasilitas, dan Keunikan

Anda sedang di Jakarta? Kalau iya, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Masjid Nurul Iman Blok M. Letaknya yang berada di atas Mall dan arsitekturnya yang indah, Akan menjadikan Anda kagum dengan masjid yang satu ini.

Profil Masjid

Nama MasjidMasjid Nurul Iman Blok M  
AlamatMall Blok M Square, Jl. Melawai 5 No.3, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Tahun Dibangun2006
Luas Tanah
Luas Bangunan5.000 m2  
Daya Tampung Jamaah10.000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Filosofi Nama Nurul Iman

Secara harfiah Nurul Iman berarti Cahaya Iman, keberadaan Masjid di puncak gedung pusat perbelanjaan Blok M Square ini seolah menjadi penerang kawasan tersebut. Dibangunnya masjid ini diharapkan senantiasa mengingatkan para pebisnis dan pengunjung agar senantiasa taat dan beriman kepada Allah dala menjalankan segala aktivitasnya. 

Arsitektur

Masjid ini dibangun dengan amat megah, lapang, beserta fasilitas yang sangat memadai. Bangunan utamanya memiliki gaya arsitektur yang mengadaptasi literatur dari masjid-masjid Timur Tengah yakni, Madinah, Makkah, dan Turki.

Bangunan ini berbentuk Kubus Persegi serta terdapat beberapa Kubah berwarna Emas. Pada beberapa sudut dinding bangunan ini terdapat ornamen dengan desain berlubang berpola Lingkaran dan Bintang yang terlihat manis dan elegan.

Selain sebagai unsur keindahan, ornamen ini berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara masjid. Ornamen Islam dan bentuk tiang mengadopsi dari banyak masjid di Timur Tengah, salah satunya Nizamiye Turkish Mosque  dan Masjid Al Aqsa untuk bentuk Mihrabnya.

Miniatur Ka’bah

Sejak di halaman masjid, Anda akan disambut oleh miniatur Ka’bah, yang dibangun di area masjid ini. Miniatur tersebut ditujukan untuk kegiatan Manasik Haji, namun tetap tampak menyatu indah dengan keseluruhan bangunan saat tak digunakan.

Kecuali ukuran yang berbeda, bentuk dan detail Ka’bah di Masjid Nurul Iman ini mirip sekali dengan aslinya, bahkan termasuk Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad-nya. miniatur Ka’bah dan taman kecil, ini diadaptasi dari Makkah.

Miniatur Kabah ini bisa menampung 300 orang. lantainya terbuat dari keramik, di sekitar miniatur Ka’bah ini ada taman kecil. Terdapat rumput-rumput, pohon Kurma, Zaitun dan pohon Tin yang pada dasarnya pohon ini berasal dari Timur Tengah. Serta terdapat kolam kecil dan tiga air mancur yang membuat pemandangan semakin indah.

Interior Mewah dan Megah

Memasuki ruang utama masjid, Anda akan merasakan kemegahan dan kesejukan suasananya.  Sejauh mata memandang, Anda akan melihat hamparan permadani tebal berwarna merah yang sangat nyaman digunakan untuk bersujud, Pemadani ini didatangkan langsung dari Turki.

Terdapat pilar-pilar yang terbuat dari bahan GRC yang diadaptasi dari masjidil Haram, hanya saja masjidil Haram pilar-pilarnya terdapat diluar. Arsitek masjid mengadopsi tiang ini kedalam masjid dengan balutan warna cream dan gold sehingga semakin menambah kemewahan masjid ini.

Langit-langit masjid, khususnya bagian kubah yang merelung, dihiasi dengan lukisan awan dan sebuah lampu hias yang menggantung indah semakin menambah indah interior masjid yang berada di atas mall ini.

Di dalam masjid ini juga terdapat sekat antara laki-laki dan perempuan yang sangat terjaga, perempuan ataupun laki-laki dilarang melewati batas yang sudah ditentukan. Terdapat juga AC di sekeliling ruangan, karenanya Anda tidak akan kepanasan dan bisa khusyu beribadah.

Halaman masjid ini juga cukup luas. Disediakan tempat penitipan sandal. Terdapat juga tempat khusus untuk Anda yang ingin beristirahat setelah penat melakukan aktivitas.

Kajian Rutin

Hal menonjol lainnya dari masjid ini adalah kajian keislamannya. Masjid ini hamper setiap hari mengadakan kajian keislaman. Pengisi kajiannya pun merupakan dai-dai ternama Nasional.

Salah satu dai yang sering mengisi kajian ini adalah Ust. Dr. Khalid Basalamah. Karena intensnya kajian yang diadakan di masjid ini, menjadikan masjid ini tidak pernah sepi dari jamaah.

Lokasi

Tak seperti masjid pada umumnya, masjid ini terletak di atas sebuah pusat perbelanjaan. Ya, masjid megah ini terletak di pusat perbelanjaan Blok M Square. Unik sekali kan?

Lokasinya yang strategis, menjadikan Anda sangat mudah untuk menjangkau masjid ini. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk beribadah di masjid yang megah ini. 

Fasilitas

Meskipun letaknya yang berada di atas Mall, masjid ini tetap memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Diantaranya,

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Taman

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi masjid megah Nurul Iman yang berada di atas Mall ini?

Tinggalkan komentar