Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Anda berencana untuk berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau? Jika iya, maka anda perlu pertimbangkan wisata religi ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Mengapa? Sebab banyak hal unik dan menarik yang tersimpan di dalamnya. Berikut kami sajikan ulasannya

Profil Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Nama MasjidMasjid Sultan Mahmud Riayat Syah  
AlamatJL. Brigjen Katamso, Kel Tanjung Uncang. Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29425
Tahun Berdiri2017
Luas Tanah57.144 m2
Luas Bangunan41.422 m2
Daya Tampung Jamaah25000 Jamaah
Lokasi
Buka04.30 – 21.00 WIB

Sejarah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai masjid terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini diinisiasi langsung oleh Walikota Batam kala itu, yakni Muhammad Rudi.

Beliau membangun masjid ini berdasarkan pada kenyataan bahwa saat itu banyak buruh galangan kapal yang pergi meninggalkan masjid saat salat Jumat belum selesai. Sebagian buruh ada yang menunggu hingga selesai, tapi lalu buru-buru pergi tanpa sempat berdoa.

Beliau pun mencari tahu apa penyebabnya. Ternyata, para pekerja di pabrik-pabrik dan galangan kapal di kawasan Batuaji itu terburu-buru karena dikejar waktu. Mereka takut terlambat masuk kembali ke tempat kerja mereka jika menunggu salat Jumat selesai. Penyebabnya, jarak masjid dan pabrik tempat mereka bekerja cukup jauh.

Karenanya, beliau  meminta lahan untuk pembangunan masjid di Kawasan Industri Tanjunguncang kepada Badan Pengushaan (BP) Batam. Akhirnya peletakan batu pertama dilakukan pada 30 April 2017. Hingga akhirnya pembangunan selesai, dan masjid ini diresmikan pada 20 September 2019. Secara umum, pembangunan masjid ini mengahibskan dana sekitar 400 M.

Arsitektur Masjid

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung II hingga Masjid Agung Batu Aji ini menyuguhkan nuansa syahdu melalui pilihan warna putih yang dominan. Secara kasat mata, Anda akan melihat bahwa masjid ini memiliki arsitektur bernuansa Melayu dan Arab.

Ketika Anda masuk ke halaman masjid, Anda akan melihat payung membran yang mirip seperti Masjid Nabawi. Terdapat 8 payung membran setinggi 17 meter.

Penampakan Payung Membran di dalam Masjid

Saat malam hari tiang payung membran akan mengerluarkan cahaya lampu warna-warni. Payung-payung tersebut bisa membentang hingga 25 meter, ukuran ini lebih besar dari Masjid Nabawi. Luas pelataran dengan payung membran tersebut adalah 5.832 meter persegi.

Masjid ini terdiri atas dua lantai, dimana lantai dasar sebagai lahan parkir dan lantai satu sebagai ruang salat utama.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan satu-satunya masjid di Kepulauan Riau yang memiliki menara pandang setinggi 99 meter. Tinggi menara tersebut melambangkan jumlah Asmaul Husna.

Menara ini terbuka untuk publik yang ingin melihat Batam dari ketinggian, bahkan dari menara ini Anda bisa melihat Negara Singapura. Untuk naik ke puncak menara, Anda cukup menggunakan lift sehingga tak perlu kelelahan menaiki tangga.

Masjid ini juga memiliki bentang kubah terbesar di Indonesia yakni selebar 63 meter yang menutup ruang utama salat. Besar sekali bukan?

Selain itu Masjid ini juga memberi konsep terbaik saat berwudhu. Jarak antar jamaah saat berwudhu ideal 1,2 Meter. Dengan rentang ini, percikan air yang Anda pakai untuk berwudhu tidak akan mengenai jamaah lain. Pasokan airnya dijamin lancar. Sebab, ada 2 tandon air dengan kapasitas total 270 Meter Kubik.

Sultan Mahmud Riayat Syah

Penamaan masjid ini dengan nama Sultan Mahmud Riayat Syah adalah untuk mengenang dan menghormati jasa beliau. Beliau merupakan tokoh yang sangat disegani di tanah Melayu terutama di Kepri.

Sultan Mahmud Riayat Syah adalah pemimpin Kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang. Kisah kepahlawanannya yang begitu tersohor adalah perlawanannya terhadap pasukan Belanda di Tanjungpinang.

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid terbesar di Kepulauan Riau, masjid ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Karenanya ketika Anda berkunjung kesini, selain Anda bisa menikmati indahnya arsitekur masjid, Anda juga akan terlayani dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

Diantara fasilitas masjid ini antara lain:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Penyejuk Udara/AC
  • Kantor Sekretariat
  • Perpustakaan
  • Koperasi
  • Poliklinik
  • Mobil Ambulance
  • Aula Serba Guna
  • Toko
  • Ruang Belajar (TPA/Madrasah)
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Taman
  • Parkir
  • Internet Akses
  • Kantin

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendatangi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini?

Tinggalkan komentar