Masjid Trans Studio Bandung: Profil, Sejarah, Arsitektur, dan Fasilitas

Berada di lingkungan wisata milik jaringan usaha Trans, Masjid Trans Studio Bandung dapat Anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Sambil membahagiakan hati orang-orang tersayang, Anda bisa dengan mudah menjalankan ibadah ketika waktunya tiba.

Profil Masjid Trans Studio Bandung

Nama MasjidMasjid Trans Studio Bandung  
AlamatPusat Terpadu Transtudio, Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Bandung City, West Java 40273
Tahun Diresmikan2015
Luas Tanah4.000 m2
Luas Bangunan1.800 m2
Daya Tampung Jamaah2000 Jamaah
Lokasi
Buka24 Jam

Sejarah Masjid Trans Studio Bandung

Masjid ini berdiri tepat di kawasan wisata Trans Studio Bandung. Kawasan TSB sendiri merupakan salah satu kawasan wisata terbesar di dunia. Kawasan ini memiliki beragam macam fasilitas, seperti Mall, Factory outlet, Hotel bintang 6, Wahana bermain, dsb.

Adapun Sejarah Masjid Trans Studio Bandung Ini adalah sebagai wujud rasa hormat Bapak Chairul Tanjung – Chairman CT Corp kepada Ibunya. untuk membangun tempat ibadah. Alasan lainnya pembangunan masjid ini adalah sebagai wujud kepedulian beliau untuk memenuhi kebutuhan umat Islam akan rumah ibadah yang layak (dalam arti luas dan indah).

Pada akhirnya, berkat doa dan dukungan dari berbagai pihak, tim arsitek dan desain CT Corp telah berhasil mendirikan sebuah tempat beribadah di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung yang diberi nama “Masjid Agung Trans Studio Bandung” yang diresmikan pada tanggal 10 Juli 2015.

Pembangunannya sendiri hanya berlangsung kurang lebih 2 tahun. Adapun dana yang terpakai untuk membangun masjid ini adalah sekitar 60 M.

Arsitektur Masjid TSB

Secara umum, arsitektur Masjid Agung Trans Studio Bandung ini terinspirasi dari desain bangunan masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini didominasi dengan warna coklat, putih dan emas.

Penampakan dalam Masjid bernuansa emas, putih, dan coklat.

Jika Anda lihat dari sisi luar bangunan masjid, akan ada ornament berupa marmer putih serta granite warna coklat, abu-abu maupun hitam. Khususnya di bagian lengkungan masing-masing jendela yang mirip dengan lengkungan jendela bangunan masjid Nabawi. Apalagi pembuatan masjid ini juga sama-sama menggunakan marmer putih berkualitas sama dengan marmer Masjid Nabawi.

Masjid ini terdiri atas 5 buah kubah yang dicat warna perak dan juga emas. Untuk kubah induknya dicat warna emas, ditambah adanya lapisan emas murni selanjutnya dilapisi kembali oleh ornament kaca atau (mozaik). Sedangkan bagian makara yakni ujung kubah teratas terbuati dari material kuningan yang telah dilapis juga dengan emas murni.

Bahkan uniknya lagi, bagian interior kubah masjid telah dihiasi kaligrafi yang menuliskan potongan ayat suci al quran yang akan menambah keindahan interior kubah masjid ini. Nuansa keemasan yang sangat kental juga bisa Anda jumpai di bagian interior masjid khususnya di bagian depan masjid atau area mimbar.

Sementara sebelah kanan ataupun kiri mimbar Anda dapat melihat kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna yang memiliki warna keemasan. Pada interior masjid juga tersedia lampu gantung sebagai hiasan yang berwarna emas dengan tiga tingkatan yang memiliki berat mencapai 2,8 ton. Indah dan megah sekali bukan?

Lokasi di Kawasan Wisata

Lokasi masjid ini sangatlah strategis. Letaknya tepat berada di pusat kota Bandung. Akses menuju masjid ini pun sangatlah mudah. Banyak angkutan umum yang melintasi kawasan ini. Karenanya Anda tidak akan kesulitan untuk menjangkau masjid ini.

Nah, karena masjid ini berada di kawasan wisata, maka Anda bisa langsung berwisata setelah beribadah. Anda bisa bermain di Wahana Indoor terbesar di Asia yaitu Trans Studio Bandung. Kalau Anda bosan main dan ingin shopping ataupun makan, maka Anda bisa masuk ke dalam Mall yang berada di samping masjid ini.

Kajian Rutin

Masjid ini tidak hanya khusus untuk beribadah saja, tapi juga digunakan untuk melakukan aktivitas pengkajian islam. Di masjid ini, setiap harinya selalu mengadakan kajian keislaman. Siapapun boleh hadir di kajian tersebut.

Maka tak aneh bila masjid ini selalu ramai dengan aktivitas keilmuan setiap harinya. Hanya saja sejak pandemi menjangkiti negeri ini, kajiannya dihentikan untuk sementara waktu.

Fasilitas Masjid

Sebagai masjid yang terletak di kawasan wisata, masjid ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Karenanya ketika Anda berkunjung kesini, selain Anda bisa menikmati indahnya arsitekur masjid, Anda juga akan terlayani dengan fasilitas yang tersedia.

Fasilitas masjid ini antara lain:

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Pendingin Ruangan
  • Perpustakaan
  • Aula Serba Guna
  • Tempat Penitipan Sepatu/SAndal
  • Parkir
  • Internet Akses

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendatangi Masjid Trans Studio Bandung yang megah dan berada di pusat Kota Kembang ini?

Tinggalkan komentar